Dibantah, Pembubaran HTI Dilakukan Sepihak

Politik  SABTU, 22 JULI 2017 , 14:32:00 WIB | LAPORAN:

Dibantah, Pembubaran HTI Dilakukan Sepihak

Ilustrasi/Net

RMOL. Pencabutan SK Badan Hukum organisasi kemasyarakatan (ormas) Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) bukanlah keputusan sepihak.

Hal itu disampaikan Direktur Perdata Ditjen Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Daulat P Silitonga menanggapi pernyataan-pernyataan yang menuding pembubaran HTI dilakukan secara sepihak.

"Ini bukan keputusan sepihak, melainkan hasil dari sinergi badan pemerintah, yang berada di ranah politik, hukum dan keamanan," kata Daulat, Sabtu (22/7).

Pencabutan SK badan hukum HTI, kata dia, merupakan tindak lanjut atas Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang perubahan atas Undang Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas.

"Bila ada pihak-pihak yang merasa keberatan, silakan ambil upaya hukum yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," kata Daulat.

Dirinya menegaskan, pemerintah tetap menjamin kemerdekaan untuk berserikat, berkumpul, dan berpendapat. Salah satunya dengan mempermudah proses pengesahan badan hukum ormas. Dengan catatan, setelah ormas disahkan melalui SK, maka ormas itu wajib mengikuti aturan hukum yang berlaku dan tetap berada di koridor hukum.

"Ormas itu tidak boleh berseberangan dengan ideologi dan hukum di Negara Indonesia," kata dia.

Diketahui, pemerintah menerbitkan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang perubahan atas Undang Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas. Perppu tersebut juga telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), 10 Juli 2017.

Setelah Perppu itu diterbitkan, pemerintah melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia resmi mencabut status badan hukum ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). [ipk]

Komentar Pembaca
Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 17:21:00

Pemprov DKI Gelar Pameran Foto Ruang Ketiga Di Balai Kota
Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

MINGGU, 03 NOVEMBER 2019 , 15:55:00