Banser Dan 999 Pengacara Ajak Semua Fraksi DPR Terima Perppu Ormas

Ragam  JUM'AT, 28 JULI 2017 , 08:56:00 WIB | LAPORAN:

Banser Dan 999 Pengacara Ajak Semua Fraksi DPR Terima Perppu Ormas

Foto/Istimewa

RMOL. Urgensi yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini bukan hal sepele, melainkan masalah besar yang harus disikapi secara cepat dan tegas agar keutuhan NKRI terus terjaga dari kelompok-kelompok anti Pancasila.

Begitu disampaikan Kasatkoorcab Banser Jakarta Timur, M. Firdaus saat Aksi Gerakan Sejuta Perppu 2/2017 bersama 999 pengacara di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (27/7).

Firdaus menjelaskan, pada tanggal 10 Juli 2017 lalu, Perppu Ormas telah dikeluarkan pemerintah. Perppu ini, merupakan jawaban dari urgensi yang dihadapi sekarang.

"Hal ini semata-mata untuk merawat persatuan dan kesatuan, menjaga eksistensi bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berdaulat dari rongrongan pihak manapun. Bukan dimanfaatkan untuk agenda politik dengan tujuan menuai simpatik dari kelompok yang besar," ujar Firdaus.

Dari sudut pandang hukum, kata dia, tindakan pemerintah sudah sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 138/PUUVII/2009. Atas dasar undang-undang yang ada tidak memadai untuk menyelesaikan masalah hukum, serta tidak bisa diatasi dengan cara membuat undang-undang baru yang membutuhkan waktu yang sangat panjang, sementara situasi saat ini dalam keadaan darurat yang harus segera diatasi.

"Kemudian Sanksi dalam Perppu ini bukan berlaku hanya untuk ormas Islam, tapi berlaku untuk semua ormas yang ada dalam wilayah NKRI yang bertentangan dengan pancasila," ungkap Firdaus.

Dalam kesempatan yang sama  Koordinator Aksi M. Faisol mengatakan, yang penting dilakukan ke depan adalah melakukan konsolidasi dan menggalang kekuatan untuk mendukung pembubaran ormas anti Pancasila melalui Perppu ormas. Khususnya, dukungan oleh DPR RI yang memiliki peran penting dalam memastikan keutuhan NKRI tetap terjaga, dalam konteks terbitnya Perppu tentang ormas.

"Seharusnya DPR yang lebih paham dengan situasi yang terjadi sekarang ini," ucapnya.

Karenanya, pihaknya mengajak semua pihak dan seluruh fraksi di DPR untuk menerima Perppu ormas tersebut. Karenanya, dia mendatangi fraksi-fraksi yang disinyalir akan menolak Perppu tersebut.

"Mendorong semua Fraksi di DPR RI mendukung Perppu tentang ormas yang diterbitkan oleh pemerintah," tegasnya.

Menurut Faisol, pemerintah mengeluarkan Perppu nomor 2 tahun 2017 tentang ormas sudah dalam proses dan pertimbangan yang matang.

"Untuk itu keputusan Presiden terkait Perppu Ormas harus kita dukung. Ini merupakan adalah sikap tegas pemerintah dalam mencegah adanya kelompok-kelompok yang menginginkan perpecahan di negeri ini," pungkasnya. [ipk]

Komentar Pembaca
Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 17:21:00

Pemprov DKI Gelar Pameran Foto Ruang Ketiga Di Balai Kota
Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

MINGGU, 03 NOVEMBER 2019 , 15:55:00