Sandiaga Bakal Beri Kelonggaran Penunggak Sewa Rusun

Sosial  SABTU, 12 AGUSTUS 2017 , 23:30:00 WIB | LAPORAN: LOPI KASIM

Sandiaga Bakal Beri Kelonggaran Penunggak Sewa Rusun

Sandiaga/Net

RMOL. Ribuan penghuni rumah susun (rusun) yang termasuk di dalamnya adalah warga relokasi penertiban kawasan kumuh (warga terprogram) terancam diusir. Sekitar 6.514 unit yang dihuni oleh penghuni relokasi menunggak bayar sewa rusun.

Menanggapi itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Sandiaga Uno mengatakan jika hal itu yang selalu dirinya khawatirkan. Utamanya soal fungsi-fungsi ekonomi, fungsi pendidikan, fungsi sosial dan fungsi keadilan

"Itu yang selalu saya sampaikan," kata Sandiaga saat berkunjung ke Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Sabtu (12/8).

Dikatakan Sandiaga, banyak warga yang tinggal di rusun karena direlokasi dari tempatnya tidak diberikan akses ekonomi dan sosial. Hal itu, kata dia, harus ditelaah lebih lanjut.

"Dalam keadaan ekonomi yang sekarang sedikit melambat dan daya beli yang sangat turun, saya cenderung ada dalam posisi yang memberikan kelonggaran pada mereka yang menunggak," ungkapnya.

Warga yang menunggak pembayaran sewa rusun, lanjut dia, harus diberikan solusi. Salah satu solusinya, Sandiaga mengusulkan program yang selama ini menjadi jargonnya, yakni One Kecamatan One Center for Entreprenuership atau OK OCE.

"Karena pasti mereka nggak akan mau nunggak kok. Orang ngutang itu nggak enak rasanya. Tinggal di tempat secara gratis itu harga diri mereka pasti akan tercederai," kata Sandiaga.

Pihaknya, tambah Sandiaga akan mencoba menyelesaikan persoalan rusun dan warga tersebut dari akarnya. [ipk]

Komentar Pembaca
Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

SENIN, 07 MEI 2018 , 19:00:00

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

SENIN, 07 MEI 2018 , 17:00:00

Rumah Nyaman Nelayan Senang

Rumah Nyaman Nelayan Senang

SENIN, 07 MEI 2018 , 15:00:00