Direksi BUMD Pilihan Ahok Profesional Bodong

Politik  RABU, 16 AGUSTUS 2017 , 11:27:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Direksi BUMD Pilihan Ahok Profesional Bodong

Net

RMOL. Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta), M Rico Sinaga menyoroti kinerja sejumlah direksi BUMD hasil perekrutan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang makin memburuk.

Sejumlah direksi pilihan Ahok diantaranya Direktur Utama PT Jakarta Tourisindo (Jaktour) Emeraldo Parengkuan, Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin, Direktur Utama PT Tjipinang Food Station Arief Prasetyo Adi, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Budi Kaliwono dan Direktur Utama PD Dharma Jaya Ratna Dwi Kusuma.

Menurut Rico, ambisi Ahok yang akan membuat BUMD bisa berlari kencang dengan direksi pilihannya, ternyata asal bunyi alias asbun.

Terbukti meski para direksi itu sudah diangkat sejak dua tahun lalu, kondisi sejumlah BUMD masih sempoyongan. Padahal Pemprov DKI Jakarta sudah menyuntikkan penyertaan modal daerah (PMD) sebesar triliunan rupiah.

Bahkan beberapa BUMD belakangan muncul gejolak akibat ketidakpuasan para pegawai atas kepemimpinan direksi.

Gejolak internal yang diikuti aksi unjuk rasa itu antara lain berlangsung di PD Pasar Jaya, PD Dharma Jaya, PT Transjakarta dan PT Jaktour.

"Harusnya sejumlah BUMD itu sudah bisa menyumbang PAD yang besar untuk Pemprov karena sudah dikasih PMD. Tapi faktanya tidak sesuai yang digembar-gemborkan Ahok. Malah Jaktour sudah merugi Rp 12 miliar. Artinya direksi-direksi pilihan Ahok itu ternyata profesional bodong," kata Rico, Rabu (16/8).

Karena itulah, Rico yang juga Presidium Relawan Pemenangan Anies-Sandi (Prass) ini mendorong pasca dilantik sebagai Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan-Sandiaga Uno melakukan perombakan besar-besaran jajaran direksi BUMD.

"Pemilihan direksi harus berdasarkan profesionalisme, transparan. Jangan lagi meniru Ahok yang berdasarkan faktor koncoisme," tegas Rico. [ipk]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00

Terima Laporan Kunjungan

Terima Laporan Kunjungan

SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 01:24:00

Bahas Pahlawan Zaman <i>Now</i>

Bahas Pahlawan Zaman Now

SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 04:59:00

Membahas Perkembangan Islam Di Ukraina

Membahas Perkembangan Islam Di Ukraina

SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 10:31:00