Setahun Bersama Pemberdayaan Ternak Kambing IZI Di Lumajang

Kebab  KAMIS, 24 AGUSTUS 2017 , 12:59:00 WIB

Setahun Bersama Pemberdayaan Ternak Kambing IZI Di Lumajang

Tim Pemberdayaan Ternak/hms IZI

SEUSAI meresmikan Rumah Singgah Pasien (RSP) ketujuh  IZI di Surabaya, Jawa Timur (Jatim) yang alhamdulillah bisa dihadiri Wakil Gubernur Jatim, Gus Ipul, saya dan tim kecil Pendayagunaan IZI meneruskan perjalanan ke Lumajang untuk melihat dan melakukan monitoring program pemberdayaan zakat di Lumajang. Program ini berupa pengelolaan ternak kambing untuk petani penggarap di kelurahan Klanting, Kecamatan Sukadono, Kabupaten Lumajang.

Walau rasa lelah dan kantuk masih menyelimuti kelopak mata akibat malam sebelumnya berjibaku menyelesaikan persiapan launching RSP IZI, alhamdulillah setelah hampir 5 jam perjalanan menempuh sekitar 146 km jarak dari Surabaya ke Lumajang, akhirnya kami sampai juga dengan selamat. Tak berapa lama kami langsung menuju lokasi desa pemberdayaan ternak IZI. Lokasinya ternyata tak jauh dari ibukota Lumajang, paling kurang dari 1 jam perjalanan.

Lokasi pemberdayaan berada di Desa Klanting, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang. Di desa ini IZI memberdayakan kelompok petani penggarap sejumlah 25 orang. Mereka bertanggungjawab memelihara 190 kambing milik kelompok. Kelompok ini sendiri, sesuai mimpi mereka untuk bisa hidup lebih sejahtera menamai kelompoknya dengan nama "Klanting Mandiri Sejahtera".

Kelompok ini punya kandang bersama yang dibagi-bagi pengelolaannya sesuai dengan jumlah anggota kelompok yang ada. Rata-rata mereka mengelola 10-20 ekor kambing dalam sub kandang yang ada. Kandang bersama sendiri di sekat-sekat sesuai jumlah anggota kelompok dan setiap blok/sekat berisi 10 ekor kambing.

Sejak diresmikan tahun lalu, kini kelompok ini telah melewati setahun perjalanan secara bersama dengan IZI, alhamdulillah apa yang mereka tadi sampaikan ke kami cukup positif responnya. Secara umum mereka merasa senang bisa diberikan kepercayaan untuk mengelola ternak dari IZI. Mereka berharap agar kelompok ini juga bisa dibantu dikembangkan IZI dan terus diperluas cakupannya, tidak hanya untuk anggota kelompok yang sekarang ada, namun juga untuk penduduk Klanting secara umum, khususnya mereka yang berada di sekitar lokasi kandang bersama tadi.

Sambil duduk lesehan di dekat kandang, dan ditemani suara embikan kambing yang terus menerus bersuara, kami ngobrol banyak dengan anggota kelompok binaan ternak Ini. Mereka Alhamdulillah merasa terbantu dengan kegiatan ini. Apalagi rata-rata mereka hanyalah buruh tani di lahan atau sawah milik orang lain yang rata-rata penghasilan mereka sehari maksimal sekitar 60 ribu. Bila sebulan terus menerus mereka bekerja, setidaknya mereka mendapatkan pendapatan 1,8 juta. Dengan kebutuhan keluarga yang ada, tentu tak mudah mengelola pendapatan sejumlah itu.

Didalam obrolan dengan mereka, muncul sejumlah rencana untuk bisa lebih memberdayakan mereka. Selain akan coba mengembangkan produk limbah ternak jadi bahan pupuk organik, terbersit pula untuk menyewa tanah yang ada di sekitar lokasi guna digarap bersama-sama sehingga bisa meningkatkan pendapatan mereka sekaligus juga untuk secara tumpang sari digunakan sebagai lahan hijauan bagi pakan ternak yang memerlukan rumput yang tak sedikit jumlahnya.

Sebagaimana semangat zakat yang harus terus tumbuh dan mengembang, mudah-mudahan IZI juga bisa terus membantu mengembangkan kelompok binaan ternak ini agar bisa lebih meningkat dan dapat menjadi sarana agar kelompok ini bisa sejahtera sebagaimana mimpi anggota kelompok ketika mereka menamai kelompok ini.

Tak terasa hari berangsur malam, gerimis yang sempat turun sebentar dan mengiringi acara pun seakan pamit tersaput angin malam. Saat yang sama, suara embikan pun perlahan sunyi bersamaan dengan aktivitas kambing di kandang yang mulai banyak yang berdiam dan tak lagi banyak bergerak.

Seiring itu pula-lah kami kemudian berpamitan pada bapak-bapak anggota kelompok untuk meneruskan langkah dan menuju basecamp selama di Lumajang untuk beristirahat sejenak sambil mencatat segala masukan serta usulan-usulan yang disampaikan.

Semoga seiring pergerakan hari, kelompok ini Allah beri kemudahan untuk bisa terus tumbuh dan menjadi pembuktian bahwa dana zakat, infak dan sedekah yang dikelola IZI manfaatnya benar-benar nyata dan bisa dirasakan oleh anggota keompok yang ikut serta dalam proses pembinaannya.

Semoga pula kami di Pendayagunaan IZI bisa terus membantu tegaknya semangat kemandirian mustahik untuk bisa hidup lebih baik dan menuju masa depan yang lebih cerah. [***]

NANA SUDIANA
Direktur Pemberdayaan IZI


Komentar Pembaca
Zakat Dan Perubahan Perilaku Muzaki

Zakat Dan Perubahan Perilaku Muzaki

SELASA, 14 NOVEMBER 2017

Ekspedisi Kalimantan (Bag: 2)

Ekspedisi Kalimantan (Bag: 2)

JUM'AT, 29 SEPTEMBER 2017

Ekspedisi Kalimantan (Bag: 1)

Ekspedisi Kalimantan (Bag: 1)

SELASA, 26 SEPTEMBER 2017

Bagaimana Zakat Dikelola Seperti Pajak Untuk Pembangunan?
Cara IZI Merawat Semangat Kemerdekaan

Cara IZI Merawat Semangat Kemerdekaan

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017

Takdir Sang Perubah

Takdir Sang Perubah

RABU, 26 APRIL 2017

Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

SENIN, 07 MEI 2018 , 19:00:00

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

SENIN, 07 MEI 2018 , 17:00:00

Rumah Nyaman Nelayan Senang

Rumah Nyaman Nelayan Senang

SENIN, 07 MEI 2018 , 15:00:00