Rumah Infaq Launching Markaz Hufadz untuk Penghafal Al-Quran

Sosial  SABTU, 09 SEPTEMBER 2017 , 18:22:00 WIB | LAPORAN: ZULFAHMI JAMBA

Rumah Infaq Launching Markaz Hufadz untuk Penghafal Al-Quran

Launching Markaz Huffadz/IST

RMOL. Rumah Infaq meluncurkan program barunya, yakni Markaz Hufadz. Program yang telah dirancang sejak tahun lalu ini adalah penyedian sarana dan prasarana pelatihan serta pendidikan bagi hafidz Al-Quran. Program ini juga untuk mendukung program utama Rumah Infaq, yaitu pembangunan dan renovasi 1.000 masjid di seluruh pelosok Indonesia.

"Kita ingin setiap masjid yang kita bangun dan masjid-masjid lainnya memiliki hafidz (penghafal) Al-Quran. Rumah Infag punya program, 20 tahun ke depan setiap masjid di seluruh pelosok nusantara memiliki penghafal Al-Quran," kata Direktur Rumah Infaq, Ustadz Yusman Dawalo, saat launching Markaz Huffadz di At Home Hotel Tambun, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (9/9).
 
Markaz Huffadz, lanjutnya, merupakan tempat kaderisasi ulama penghafal Al-Quran. Di Markaz Huffadz mereka akan dibina selama dua tahun untuk menghafal Al-Quran. Mereka juga akan dibekali ilmu-ilmu Syar'i (agama) lainnya seperti ilmu tauhid, fiqih, hadist, tafsir, dan lain-lain.

"Kami sudah punya metode-motode khusus dalam menghafal Al-Quran, misalnya dalam satu bulan pertama ini mereka akan karantina sehingga benar-benar dalam sepuluh jam lebih waktu mereka digunakan untuk menghafal Al-Quran dan menyetorkan hafalannya. Tiga sampai lima bulan selanjutnya kegiatan penghafalan diselingi dengan aktifitas di luar markaz," ungkap Yusman.

Lima bulan selanjutnya mereka terus ditest guna meningkatkan kualitas hafalan mereka dan membekalinya dengan ilmu-ilmu syar'i.

Tahun kedua mereka terus diminta memperdalam hafalannya, namun mereka mulai ditugaskan untuk mengabdi kepada masyarakat di masjid-masjid di daerah dan pelosok Indonesia yang telah dibangun oleh Rumah Infaq dan masjid-masjid lainnya yang belum memiliki penghafidz Al-Quran

Untuk bisa diterima untuk dibina di Markaz Huffadz, lanjutnya, mereka harus sudah memiliki bacaan Al-Quran yang sudah baik. berusia 18-20 tahun, belum menikah, dan yang terpenting memiliki komitmen untuk menjalani program penghafalan Al-Quran selama dua tahun di Markaz Huffaz serta mau berdakwah.

"Kita tidak hanya ingin mencetak orang yang soleh untuk pribadi sendiri tetapi kita ingin mencetak kader-kader ustad muda untuk berdakwah di pelosok nusantara. In sha Allah dengan semakin banyaknya penghafidz Al-Quran, negeri ini akan semakin diberkahi oleh Allah SWT," ungkapnya.

Saat ini Markaz Huffadz sudah memiliki 12 calon hafidz dari target 16 orang setiap angkatannya. Seluruh biaya selama mereka menjalani pendididkan dan pelatihan ditanggung oleh Rumah Infaq. Begitu pula saat mereka ditempatkan di masjid-masjid di pelosok nusantara.

Ada pun dana untuk membiaya seluruh kegiatan ini, terangnya berasal dari infaq seluruh umat muslim baik di dalam negeri maupun manca negara, dan beberapa bidang usaha yang bersinergi dengan Rumah Infaq.

Sementara itu, Direktur Marketing Rumah Infaq,  Sri Mulyaningsih mengungkapkan, saat ini pihaknya telah membangun 14 masjid yang tersebar di pelosok nusantara dengan total anggaran Rp 20 milyar.

"Saat ini ada 3 masjid lagi sedang dalam proses penyelesain. Satu di Jonggol, Bogor. Dua lagi di Ngaban, Kalimantan Barat dan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat," katanya. 

Sedangkan untuk tahun 2018 mendatang, Rumah Infaq menargetkan mampu membangun dan merenovasi 21 masjid. Total anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 30 milyar.

"Sebagian lokasi dan daerah masjid yang akan dibangun sudah kita data dan survei. Tinggal menunggu anggaran dari infaq seluruh umat muslim. Mudah-mudahan kita bisa merealisasikan harapan tersebut," tandasnya. [zul]


Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00

Jokowi Injak Merah Putih

Jokowi Injak Merah Putih

SENIN, 03 OKTOBER 2016 , 08:35:00

Seks Kilat Ala Gadis Belia di Salon Plus Benhil (4-Habis)
Juri Lomba Masak

Juri Lomba Masak

SENIN, 13 FEBRUARI 2017 , 14:28:00