Anies-Sandi Diminta Tambah 21 Rumah Sakit Tipe D

Politik  SELASA, 12 SEPTEMBER 2017 , 14:23:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Anies-Sandi Diminta Tambah 21 Rumah Sakit Tipe D

Dwi Ratna/Net

RMOL. Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan-Sandiaga Uno harus menambah Rumah Sakit (RS) Tipe D di Ibukota. Hal ini untuk mengurangi penumpukan pasien yang berobat di RSUD.

"Minimal Anies-Sandi menambah 21 RSUD Tipe D. Sehingga nantinya masing-masing kecamatan punya satu RSUD Tipe D," kata Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta, Dwi Ratna, Selasa (12/9).

Menurut Ratna, penambahan ini perlu dilakukan untuk mengoptimalkan layanan kesehatan kepada masyarakat. Saat ini tercatat baru ada 23 RSUD Tipe D.

RSUD Tipe D ini dulunya merupakan puskesmas yang ada di berbagai kecamatan di DKI. Namun, Pemprov DKI mengubahnya menjadi RSUD Tipe D. Tentu saja, ada peningkatan dalam berbagai hal, seperti ketersediaan dokter spesialis dan Instalasi Gawat Darurat (IGD).

"Warga akan sangat terbantu dengan adanya RSUD Tipe D, karena mereka tidak perlu jauh-jauh ke rumah sakit umum daerah atau swasta," ujar Ratna.

Beberapa RSUD Tipe D telah disambangi Ratna, dan dia menilai, fasilitas dan pelayanan sudah cukup baik, alias tidak berbeda dengan RSUD atau RS swasta.

"Pelayanan kesehatan masyarakat di Jakarta harus maksimal. Para petugas kesehatan juga harus aktif menanyakan kepada pasien mengenai kepemilikan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Kalau pasien belum terdaftar di BPJS Kesehatan, maka petugas wajib mengarahkannya. BPJS sangat penting bagi warga," pungkas politisi Partai Gerindra ini.[mla]

Komentar Pembaca
Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

SENIN, 07 MEI 2018 , 19:00:00

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

SENIN, 07 MEI 2018 , 17:00:00

Rumah Nyaman Nelayan Senang

Rumah Nyaman Nelayan Senang

SENIN, 07 MEI 2018 , 15:00:00