Adi Gerindra - Selamat Anies Sandi
Golkar

Kadispora Disebut Halangi Pencairan Hibah KONI

Olahraga  JUM'AT, 22 SEPTEMBER 2017 , 18:12:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Kadispora Disebut Halangi Pencairan Hibah KONI

Net

RMOL. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) DKI Jakarta Ratiyono masih saja menahan dana hibah KONI DKI dengan berbagai cara. Nasib ratusan atlet pun menjadi tak menentu. Bahkan sudah enam bulan uang saku mereka belum dibayarkan.

Seperti terpantau dalam rapat kerja bersama Komisi E DPRD DKI Jakarta, Jumat (22/9), yang juga dihadiri BPKD dan KONI DKI.

Pada rapat yang dipimpin Ketua Komisioner E DPRD DKI Jakarta Syarial tersebut, Ratiyono menggiring opini peserta rapat seolah-olah KONI DKI telah melakukan kesalahan dalam berorganisasi, sehingga penyaluran anggaran kepada atlet dan pelatih akan dilakukan sendiri oleh Dispora.

Ungkapan Ratiyono ini jelas menunjukkan seolah-olah ada yang tidak beres dengan KONI DKI. Padahal yang terjadi sesungguhnya tidak seperti itu, termasuk masalah sisa anggaran Rp12 miliar yang menjadi salah satu alasan mengapa dana hibah KONI DKI tidak dicairkan.

Sejak semula Kadispora memang sudah punya niat mengembalikan anggaran hibah APBD untuk KONI DKI sebesar Rp 82 miliar ke Pemprov DKI. Kemudian Kadispora akan mengusulkan anggaran sendiri sebesar Rp 30 miliar untuk atlet dan pelatih lewat APBD Perubahan.

Ketua KONI DKI Jakarta, Dody Rahmadi Amar mempertanyakan alasan Kadispora menahan dana hibah dengan alasan masih terjadi dinamika personel dan dualisme di badan yang mewadahi cabang olahraga di ibukota itu.

"Dualisme yang mana? Kepengurusan KONI DKI periode 2017-2021 telah dilantik oleh Ketua Umum KONI Pusat berdasarkan SK nomor 44 tahun 2017," kata Dody.

Diketahui, sekitar 648 atlet yang tengah mempersiapkan diri untuk berlaga pada PON XX/2020 di Papua, serta even nasional dan internasional lainnya, sudah empat bulan uang sakunya belum dibayar Dispora DKI.

Setiap bulannya masing-masing atlet berhak memperoleh uang saku rata-rata sebesar Rp 3 juta. Uang saku itu bisa dimanfaatkan para atlet untuk transportasi dan makanan tambahan.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat berkomitmen segera mencairkan dana hibah Koni DKI sebesar Rp 82 miliar, sebelum HUT Kemerdekaan RI.

Hal itu disampaikan Djarot saat bertemu Ketua Umum Koni DKI Jakarta, Dody Rahmadi Amar di Balaikota, Selasa (1/8). Namun hingga kini belum ada tanda-tanda bakal cair.[mla]

Komentar Pembaca
AHY Kandidat Terkuat Demokrat

AHY Kandidat Terkuat Demokrat

JUM'AT, 20 OKTOBER 2017 , 19:00:00

Rakyat Makin Susah Dipimpin Jokowi

Rakyat Makin Susah Dipimpin Jokowi

JUM'AT, 20 OKTOBER 2017 , 17:00:00

Prabowo Dinasihatin Agung Laksono

Prabowo Dinasihatin Agung Laksono

JUM'AT, 20 OKTOBER 2017 , 15:00:00

Rakor FKDM

Rakor FKDM

JUM'AT, 13 OKTOBER 2017 , 15:15:00

Launching TAP Indomalphi

Launching TAP Indomalphi

JUM'AT, 13 OKTOBER 2017 , 09:21:00

Rapat Banjir

Rapat Banjir

KAMIS, 19 OKTOBER 2017 , 13:27:00

DPW PPP DKI JAKARTA