Bangunan Diduga Tanpa IMB Berdiri di Depan Kantor Walikota Jakpus

Ragam  SENIN, 25 SEPTEMBER 2017 , 16:12:00 WIB | LAPORAN:

Bangunan Diduga Tanpa IMB Berdiri di Depan Kantor Walikota Jakpus
RMOL. Sebuah bangunan rumah tinggal di Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jakarta Pusat diduga dibangun tanpa izin mendirikan bangunan (IMB). Ironisnya, bangunan yang diduga tanpa izin tersebut dibangun tepat di depan kantor Walikota Jakarta Pusat.

Pantauan di lapangan, sebelumnya rumah tersebut telah dipasang papan segel oleh Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Sudin Citata). Di rumah tersebut juga tidak terpasang plang tanda pembangunan dari suku dinas.

Menanggapi hal itu, Syahrudin, Kepala Seksi Penindakan Sudin Citata Jakarta Pusat mengatakan, jika bangunan rumah tinggal dibangun tanpa izim mendirikan bangunan standar operasional prosedur (SOP) ada di pihak kecamatan.

"Kalau tidak ada izin, SOP kita ada di kecamatan. Untuk urus izinnya ke PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Kalau dari sudin kita mengawasi saja, " kata Syahrudin, saat dihubungi, Senin (25/9).

Menurut Syahrudin, ada pembagian kewenangan dalam penindakan bangunan tanpa izin. Jika bangunan tersebut merupakan rumah tinggal maka kewenangannya ada di pihak kecamatan.

"Kalau kita di sudin, bangunan non rumah tinggal sampai dengan delapan lantai. Kalau di dinas 9 lantai ke atas," ujarnya.

Dikatakan Syahrudin, jika bangunan tersebut hanya dua lantai maka penindakan pertama ada di pihak kecamatan. Kecuali jika pelanggaran dianggap berat baru dapat dikoordinasikan ke sudin.

Sementara, Camat Gambir, Fauzi mengatakan, jika bangunan dibangun tanpa izin saat ini telah menjadi domain dari Suku Dinas Citata.

"Itu (domain) Citata. Kalau kita kan (cuma) izin ke PTSP. Tapi kalau menyangkut pelanggaran porsinya Citata, bukan lagi camat," kata dia.

Ditambahkan Fauzi, seluruh prosedur baik itu surat peringatan maupun surat perintah bongkar ada di pihak suku dinas.[mla]

Komentar Pembaca
Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 12:31:48

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 08:22:15

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11