Pimpinan DPRD Pro Ahok-Djarot Hambat Paripurna Anies-Sandi

Politik  SENIN, 16 OKTOBER 2017 , 16:17:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Pimpinan DPRD Pro Ahok-Djarot Hambat Paripurna Anies-Sandi
RMOL. Rapat paripurna istimewa DPRD DKI Jakarta yang sedianya digelar untuk menyambut Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, batal dilaksanakan hari ini.

Padahal sebelumnya sudah beredar informasi bahwa setelah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara pada pukul 16.00 WIB, Anies Baswedan bersama Sandiaga Uno akan menghadiri rapat paripurna istimewa DPRD DKI Jakarta sekitar pukul 19.00 WIB.

Dalam rapat paripurna istimewa itulah, Anies akan menyampaikan pidato politik pertamanya di hadapan 106 anggota DPRD DKI Jakarta.

Setelah itu barulah Anies-Sandi menuju Balaikota untuk menghadiri pesta rakyat sekaligus menerima memori jabatan dari Pelaksana Harian (Plh) Gubernur DKI Jakarta, Saefullah.

Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) DKI Jakarta, M Rico Sinaga menduga batalnya rapat paripurna istimewa DPRD DKI Jakarta lantaran sengaja dihambat sejumlah pimpinan DPRD yang dalam Pilgub DKI 2017 lalu merupakan pendukung pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat.

"Sikap pimpinan DPRD itu berpotensi menimbulkan kegaduhan baru," kata Rico di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (16/10).

Karena itulah Rico mendesak agar lima pimpinan DPRD untuk segera mengadakan rapat Badan Musyawarah (Bamus) untuk menentukan jadwal rapat paripurna istimewa Anies-Sandi.

"Kami warning paling lambat Rabu harus sudah digelar rapat paripurna istimewa," ujar Rico.

Rico menilai apabila rapat paripurna istimewa tak kunjung diadakan dalam tempo 2x24 jam, pimpinan DPRD sama saja telah melakukan sabotase.

"Kalau sampai tanggal 18 Oktober belum juga ada rapat paripurna istimewa, kami akan geruduk DPRD," tegas Rico.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD DKI, Mohamad Taufik belum bisa memastikan akan ada sidang paripurna istimewa penyambutan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Seperti diketahui, Anies-Sandi akan dilantik sebagai gubernur-wagub DKI Jakarta periode 2017-2022.

"Belum pasti hari ini karena belum bamus," ujar Taufik saat dimintai konfirmasi, Senin (16/10).

Menurut Taufik, sidang paripurna istimewa penyambutan Anies-Sandi kemungkinan baru akan digelar besok Selasa (17/10). Atau bisa saja Rabu (18/10) lusa.

"Kemungkinan besok atau Rabu paling lambat. Nggak apa-apa Rabu kan?" ucap Taufik.

Politikus Gerindra ini mengatakan pihaknya akan meggelar rapat badan musyawarah dulu hari ini. Rapat menurut Taufik juga akan menyusun jadwal soal rapat paripurna itu.

"Harus bamus dulu, hari ini rapat (bamus)," tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Dewan DPRD DKI Yuliadi. Dia belum bisa memastikan ada sidang paripurna istimewa terkait pelantikan Anies-Sandi hari ini.

"Dia bilang belum tahu agenda paripurna hari ini ada atau tidak, terus agendanya ngikut pelantikan di Istana saja," ucap Yuliadi di Gedung DPRD DKI,  Senin (16/10).

Seperti diketahui, Anies-Sandi akan dilantik sore nanti oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara. Dari agenda sebelumnya, Anies-Sandi akan ke Balai Kota DKI usai dilantik untuk sertijab. Setelah ikut mengikuti sidang paripurna istimewa di DPRD DKI sebelum menyapa warga Jakarta.[dem]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00

Terima Laporan Kunjungan

Terima Laporan Kunjungan

SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 01:24:00

Bahas Pahlawan Zaman <i>Now</i>

Bahas Pahlawan Zaman Now

SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 04:59:00

Membahas Perkembangan Islam Di Ukraina

Membahas Perkembangan Islam Di Ukraina

SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 10:31:00