KY Utus Waskim Untuk Kawal Kasus Bong Parnoto

Hukum  KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 13:12:00 WIB

KY Utus Waskim Untuk Kawal Kasus Bong Parnoto

Ilustrasi/Net

RMOL. Komisi Yudisial (KY) akan turun tangan mengawasi perkara pencurian pengalaman kerja PT Teralindo Lestari atas nama terdakwa Bong Parnoto.

Sidang lanjutan berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, hari ini (Kamis, 9/11).

Jurubicara KY Farid Wajdi mengatakan, Biro Pengawasan Prilaku Hakim yang diutus untuk mengawal persidangan tersebut.

"Saya sampaikan dulu kepada pihak berkaitan dengan pengelolaan pemantauan, yaitu Waskim (Pengawasan Hakim)," kata Farid Wajdi saat dihubungi.

Parnoto sendiri telah menjalani persidangan sejak 24 Oktober 2017. Namun sejauh ini, pengadilan tidak menahan Parnoto meski terancam pidana enam tahun penjara.

Terkait hal ini Farid menjelaskan secara normatif penahanan Parnoto merupakan kemandirian hakim. Menurutnya, hakim memiliki pertimbangan dan alasan terdakwa ditahan atau tidak sebagaimana ketentuan yang berlaku.

"Alasan objektif dan subjektif yang diserahkan kepada penilaian hakim," ujar Farid.

 Parnoto diduga memalsukan dokumen pengalaman kerja 20 tahun milik Poltak Sitinjak selaku pemilik PT Teralindo Lestary.

Dokumen pengalaman kerja tersebut digunakan Parnoto selaku Direktur PT Rajawali Parama Konstruksi untuk  keperingan perusahaannya dalam memenuhi persyaratan tender proyek IIE pada Juni 2013.

Parnoto tidak hanya melakukan Pemalsuan Dokumen Pengalaman Kerja Perusahaan milik Poltak Sitinjak,  tetapi juga menggugat Penghapusan Paten Poltak Sitinjak IDP000040892 tersebut ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat sampai dua kali.

Pertama, p2016 dalam register Perkara No. 67/Pdt-Sus Paten/2016/PN.Niaga.Jkt.Pst dengan Putusan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat 21 Pebruary 2017 Gugatan Ditolak.

Kedua,  15 Maret 2017 diajukan Gugatan lagi dalam register perkara No. 17/Pdt-Sus-Paten/PN.Niaga.Jkt. Pst, dengan dasar dan alasan yang sama. Namun Pengadilan Niaga Jakarta Pusat 1 November 2017, dengan amar putusan Menolak seluruh Gugatan Penggugat Bong Parnoto.

Dalam surat dakwaan yang dibacakan jaksa Parnoto melanggar Pasal 263 KUHP dengan ancaman pidana penjara enam tahun.[Johanes/wid]



Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN