Imparsial: Pergantian Panglima TNI Harus Dipikirkan Segera Bulan Ini

Polhukam  JUM'AT, 10 NOVEMBER 2017 , 11:50:00 WIB

Imparsial: Pergantian Panglima TNI Harus Dipikirkan Segera Bulan Ini

Gatot Nurmantyo/Puspen TNI

RMOL. Masa bakti Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo kurang dari lima bulan lagi.

Gatot akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018 nanti. Mantan kepala staf angkatan darat ini diangkat menjadi Panglima TNI pada 8 Juli 2015 lalu.

Direktur Imparsial, Al Araf mengatakan, sudah semestinya Presiden Jokowi untuk segera memikirkan dan mempertimbangkan pergantian panglima TNI dalam November ini atau paling lambat bulan depan.

"Penting untuk diingat bahwa proses pergantian panglima TNI nantinya membutuhkan persetujuan DPR sehingga membutuhkan waktu untuk proses pergantian itu," ujar Al Araf kepada redaksi, Jumat (10/11).

Proses pergantian panglima TNI kali ini, menurut Al Araf, sudah sepantasnya diselaraskan dengan agenda kepentingan pemerintah untuk membangun kekuatan maritim. Mengacu UU 34/2004 tentang TNI, pergantian panglima TNI bergantian dari tiap-tiap angkatan yang sedang atau pernah menjabat sebagai kepala staf angkatan.

"Itu artinya, penggantian panglima TNI saat ini sepatutnya berasal dari angkatan udara ataupun angkatan laut," terangnya.

Al Araf menambahkan, penting dipertimbangkan pengganti Gatot dari AU ataupun AL karena untuk membangun maritim security diperlukan membutuhkan bangunan kekuatan yang terintegrasi antarkedua angkatan tersebut dengan tidak meninggalkan kekuatan angkatan darat. Selain itu, demi kepentingan regenerasi di dalam tubuh TNI.

"Untuk kepentingan itu semua, maka sudah sepantasnya presiden segera melakukan pergantian panglima TNI dengan mengikuti pola rotasi sesuai UU TNI," tegasnya.

Namun ia mengingatkan, panglima TNI baru nanti perlu meningkatkan modernisasi alutsista yang diikuti dengan peningkatan kesejahteraan prajurit demi terciptanya tentara yang profesional dan modern.[Widya/wid]



Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00

Terima Laporan Kunjungan

Terima Laporan Kunjungan

SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 01:24:00

Bahas Pahlawan Zaman <i>Now</i>

Bahas Pahlawan Zaman Now

SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 04:59:00

Membahas Perkembangan Islam Di Ukraina

Membahas Perkembangan Islam Di Ukraina

SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 10:31:00