Hujan Lebat, Bandara Supadio Ditutup Sementara

Nusantara  SENIN, 13 NOVEMBER 2017 , 03:27:00 WIB

Hujan Lebat, Bandara Supadio Ditutup Sementara

Ilustrasi/Net

RMOL. Bandara Internasional Supadio di Pontianak ditutup sementara lantaran hujan lebat sejak kemarin yang mengganggu aktivitas penerbangan. Penutupan tersebut dilakukan hingga adanya pemberitahuan lebih lanjut.

Begitu dikatakan Executive General Manager Bandara Internasional Supadio Bayuh Iswantoro dalam surat elektronik yang dikirimkan ke redaksi, Minggu (12/11).

Menurut dia, selain hujan lebat, pasang air laut juga menyebabkkan saluran air di sekitar landasan pacu atau runway bandara tidak mampu menampung aliran air dan menyebabkan timbulnya genangan di runway tersebut.

"Titik genangan air tersebut tepatnya berada pada sisi kanan runway dengan jarak 16 m dari central lines. Terkait dengan hal tersebut, PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola Bandara Internasional Supadio, Airnav Indonesia, dan perwakilan penerbang memutuskan runway tidak dapat digunakan,” jelasnya.

Bayuh menjelaskan, tidak beroperasi atau ditutupnya bandara ini dikategorikan sebagai force majeure karena cuaca. Kebijakan ini diambil murni mempertimbangkan keselamatan penerbangan. Adanya genangan air di runway diketahui pertama kali pada pukul 05.30 WIB, yang berasal dari saluran air di sekitar runway.

"Sebagai upaya penanggulangan, kami membuat tanggul di parit yang menuju runway strip, memasang sand bag di sekiar runway dan menyedot air dengan menggunakan pompa dan foam tender. Namun, keputusan hingga saat ini adalah runway belum dapat digunakan,” jelasnya.

"Pihak bandara bersama dengan stakeholder lainnya terus mengupayakan agar runway dapat bebas dari genangan air sehingga penerbangan bisa kembali dioperasikan untuk melayani penerbangan masyarakat,” sambungnya.

Menyusul ditutupnya Bandara Internasional Supadio, sebanyak 12 penerbangan dibatalkan dan 36 penerbangan berstatus delay.

Penerbangan yang dibatalkan antara lain rute Jakarta - Pontianak dan Pontianak - Jakarta oleh Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air, lalu Pontianak ke Sintang, Putussibau, Ketapang oleh NAM Air.

Adapun penerbangan yang berstatus delay diantaranya rute Jakarta - Pontianak dan sebaliknya, lalu dari Pontianak ke Surabaya, Yogyakarta, Batam, Ketapang, dan sebagainya.

PT Angkasa Pura II (Persero) menghimbau agar calon penumpang pesawat dengan rute dari atau ke Pontianak agar menanyakan status penerbangan ke maskapai dan mengecek kondisi terkini Bandara Internasional Supadio melalui twitter @contactap2 atau layanan contact center di nomor 138. [Samrut/sam]

Komentar Pembaca
Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 00:45:19