Pulang Dari Thailand, Menteri Amran Bawa Oleh-oleh Untuk Kalteng

Nusantara  SENIN, 13 NOVEMBER 2017 , 11:27:00 WIB

Pulang Dari Thailand, Menteri Amran Bawa Oleh-oleh Untuk Kalteng

Andi Amran Sulaiman/Net

RMOL. Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengaku membawa oleh-oleh khusus untuk Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sepulang dari pertemuan Menteri Pertanian se ASEAN di Thailand beberapa hari lalu.

Oleh-oleh itu adalah adanya permintaan dari pemerintah Malaysia untuk mengimpor jagung dari Indonesia. Menteri dari Malaysia, kata Mentan, ingin Indonesia menyediakan kebutuhan jagung sebesar 3 hingga 4 ton per tahun.

"Baru saya dari Thailand, ada oleh-oleh buat Kalteng. Pertama, Malaysia ingin jagung Indonesia 3-4 juta ton. Menterinya, datang ke Indonesia bilang butuh 4 juta ton," ujarnya dalam Rapat Koordinasi Pangan Membangun Padi Organik 300 Ribu Hektar Di Provinsi Kalimantan Tengah, di Kantor Gubernur Kalimatan Tengah, Palangkarayaā€ˇ, Senin (13/11).

Dalam kesempatan itu, Mentan juga menginstruksikan kepada kadis terkait untuk menghubungkan Kalteng dengan Felda dan Fekra, yang merupakan BUMN dari Malaysia.

"Mereka mau investasi. Itu BUMN Malaysia, uangnya banyak, dia butuh 3 sampai 4 juta ton. Itu berarti nilainya Rp 2 triliun," jelasnya.

Selain itu, Mentan juga menyebut ada oleh-oleh serupa usai dia menemani Presiden Joko Widodo ke Filipina. Dia mengatakan bahwa Filipina mengaku butuh jagung sebesar 1 juta ton dari Indonesia.

"Jadi ini semua oleh-oleh untuk Kalteng yang lahanya luas," sambung pria kelahiran Bone, Sulawesi Selatan ini.

Atas alasan itu juga, Mentan menantang kadis pertanian Kalteng untuk bisa menanam jagung 100 ribu hektar.

"Jika bapak mampu, kita siapkan 100 ribu benih dan pupuk gratis. Totalnya Rp 200 miliar lebih," pungkasnya. [Widian/rus]

Komentar Pembaca