4 Instruksi Anies Untuk Prioritaskan Pembangunan Kepulauan Seribu

Jakarta  SENIN, 13 NOVEMBER 2017 , 14:42:00 WIB

4 Instruksi Anies Untuk Prioritaskan Pembangunan Kepulauan Seribu

Anies Baswedan/RMOL

RMOL. Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menggelar rapat pimpinan (Rapim) di kantornya, Balaikota, pagi tadi (Senin, 13/11).

Ada beberapa agenda dibahas dalam rapim tersebut, salah satunya tentang pembangunan Kepulauan Seribu.

"Kita memprioritaskan pembangunan Kepulauan Seribu," ujar Anies usai Rapim kepada wartawan.

Dalam rapat yang juga dihadiri Bupati Kepulauan Seribu, Irmansyah, itu, Anies mengaku sudah menugaskan Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretaris Daerah Pemprov DKI Gamal Sinurat untuk memimpin desk khusus bagi pembangunan Kepulauan Seribu.

Kepada mereka, Anies mengaku sudah memberikan beberapa arahan. Pertama,  mengumpulkan semua masalah dan keluhan dari warga Kepulauan Seribu.

"Yang kedua merespon dengan menyiapkan kebijakan-kebijakan untuk menangani semua keluhan dan masalah itu," sebutnya.

Arahan ketiga, lanjut Anies, melakukan konsolidasi birokrasi. Hal itu menurutnya perlu dilakukan karena ternyata satuan-satuan yang menangani Kepulauan Seribu ini tersebar di berbagai tempat yang sulit untuk berkoordinasi dengan baik.

Keempat, Anies memerintahkan kepada semua dinas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk membantu dan memprioritaskan semua permintaan bupati Kepulauan Seribu.

"Jadi jangan sampai ada permintaan bupati Kepulauan Seribu yang tidak direspon dengan baik dengan cepat," tegasnya.

Tak hanya itu, Anies juga mengaku sudah menginstruksikan kepada semua dinas SKPD agar semua program kegiatan Pemda DKI, harus diusahakan secara maksimal untuk lebih mengedepankan Kepulauan Seribu.

"Misalnya soal infrastruktur soal transportasi soal telekomunikasi semua harus diprioritaskan nomor satu. Dan dalam rapim tadi saya tegaskan kepada semua bahwa ini cermin dari Indonesia. Kepulauan Seribu ada di bagian ibukota. Tidak boleh pembangunan di Kepulauan Seribu dibiarkan seperti selama ini," terangnya.

Anies menekankan bahwa Kepulauan Seribu harus dijadikan contoh bagi wilayah kepulauan lainnya di Indonesia. Untuk itu, cara pandang aparat yang ditempatkan di sana haruslah diubah.

"Jangan pernah melihat mereka yang ditugaskan di Kepulauan Seribu sebagai aparat yang dibuang, aparat yang ditaruh di tempat terpencil, bukan. Saya sampaikan kepada semua bahwa mereka yang terbaik mereka yang bertugas all out dan harus didukung. Karena itu mereka berada di garis depan," pungkasnya.[Bunaiya/wid]

Komentar Pembaca
Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

SENIN, 07 MEI 2018 , 19:00:00

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

SENIN, 07 MEI 2018 , 17:00:00

Rumah Nyaman Nelayan Senang

Rumah Nyaman Nelayan Senang

SENIN, 07 MEI 2018 , 15:00:00