Raih Rekor Muri, Sistem Integrated BPKB PMJ Wajib Ditiru Polda Se-Indonesia

Ragam  SENIN, 13 NOVEMBER 2017 , 14:44:00 WIB | LAPORAN: ANDHIKA TIRTA SAPUTRA

Raih Rekor Muri, Sistem Integrated BPKB PMJ Wajib Ditiru Polda Se-Indonesia

net

RMOL. Ditlantas Polda Metro Jaya menggelar acara peresmian pelayanan pengurusan Badan Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) di gedung Ditlantas Polda Metro Jaya pada, Senin, (13/11).

Peresmian Integrated BPKB System dipimpin langsung oleh Wakapolri Komjen Syafruddin.

Untuk membangun digitalisasi sistem pelayanan pada BPKB, Ditlantas Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Agen Pemegang Merk (APM) serta Lembaga Pembiayaan (finance) guna terwujudnya pelayanan digital yang  terintegrasi secara sistem yang dinamakan Integrated BPKB System.

Dengan sistem ini diharapkan akan memudahkan pemohon untuk mendapatkan layanan cepat, aman, dan transparan.

Kehadiran layanan BPKB online ini membuat Kapolri Jenderal Tito Karnavian mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan kategori 'Digitalisasi Penerbitan BPKB Pertama' yang diterima Wakapolri Komjen Syafruddin yang diberikan langsung oleh Ketua MURI Jaya Suprana.

"Pelayanan publik terutama di bidang lalulintas di saat era 90’an tahun 2000 awal sangat parah tingkat kepercayaan publik. Itu yang menjadi permasalahan saat itu. Ternyata kepercayaan publik sekarang semua jajak pendapat tahun 2017 polisi di posisi 4 kementerian lembaga yang dipercaya publik dengan skor 77. Di bidang lalu lintas melakukan perubahan drastis, ini menjadi kebanggan Polri terutama Ditlantas," kata Wakapolri Komjen Syafruddin Senin (13/11).

Bahkan Syafruddin memerintahkan kepada Kakorlantas Irjen Royke Lumowa agar sistem ini bisa diterapkan ke seluruh Indonesia.

"Tahun ini direalisasikan seluruh Indonesia di jajaran Polda. Ini mudah tinggal menjalankan karena sudah dimulai tinggal mengkonekkan. Awal 2018 saya yakin akan selesai," tandasnya.

Adapun layanan Integrated BPKB System meliputi e-pendaftaran, e-queue (nomor antrian elektronik), e-form (formulir digital), e-receipt signature (tanda terima elektronik), e-IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat digital), e-survey (survey kepuasan masyarakat elektronik),  e-informasi (informasi digital), e-archive (arsip digital), e-blokir (Blokir Perdata Online), e-cross check BPKB (cek status proses penerbitan BPKB), e-complain (layanan pengaduan online), dan e-id ranmor (cek data BPKB secara online).

Selain itu, dalam kesempatan ini juga diresmikan enam ruang tunggu dengan pojok baca yang memadukan konsep membaca secara  tradisional dan modern ‘Pojok Baca, e-baca & Internet Corner’ Dit Lantas Polda Metro Jaya.[dem]

Komentar Pembaca
Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

SENIN, 07 MEI 2018 , 19:00:00

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

SENIN, 07 MEI 2018 , 17:00:00

Rumah Nyaman Nelayan Senang

Rumah Nyaman Nelayan Senang

SENIN, 07 MEI 2018 , 15:00:00