Agus Hemanto: Hak Imunitas Anggota DPR Tidak Berlaku Dalam Kasus Hukum

Politik  SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 16:07:00 WIB

Agus Hemanto: Hak Imunitas Anggota DPR Tidak Berlaku Dalam Kasus Hukum

Agus Hermanto:RMOL

RMOL. Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan hak imunitas yang dimiliki anggota dewan tidak berlaku terhadap kasus hukum.

Hal tersebut diungkapkan oleh Agus terkait surat yang dikirimkan Ketua DPR Setya Novanto kepada KPK yang mencantumkan hak imunitas.

"Berdasarkan UU MD3 itu memang ada hak imunitas tetapi ini tentunya tidak menyangkut hal-hal yang khusus," ujarnya saat ditemui di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (14/11)

Menurutnya untuk kasus korupsi, ia tidak ingin berspekulasi dan menyerahkan sepenuhnya kepada KPK.

"Apakah korupsi merupakan tindakan yang khusus? Itu kita serahkan sepenuhnya kepada KPK yang menerima suatu keputusan," lanjutnya.

Namun demikian, Agus menambahkan bahwa ketentuan pemanggilan seizin Presiden sebenarnya tidak berlaku jika terkait tindak pidana khusus dalam Pasal 245 Ayat 3 Poin C UU MD3.

"Tindakan khusus itu memang ada poin C, tentunya kita menyerahkan sepenuhnya kepada KPK dan Pak Setya Novanto," tukas politisi Partai Demokrat ini.

Putusan MK Nomor 76/PUU-XII/2014 atas uji materi Pasal 224 Ayat 5 dan Pasal 245 Ayat 1 UU MD3, tidak membatalkan Pasal 245 Ayat 3 Poin C.

Baru-baru ini KPK menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka kasus dugaan korupsi KTP-el. Dalam kasus yang sama, KPK pernah juga menetapkan Novanto namun status tersangka pudar dengan kemenangannya atas KPK di sidang Praperadilan. [Swara/rus]

Komentar Pembaca
Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

SENIN, 07 MEI 2018 , 19:00:00

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

SENIN, 07 MEI 2018 , 17:00:00

Rumah Nyaman Nelayan Senang

Rumah Nyaman Nelayan Senang

SENIN, 07 MEI 2018 , 15:00:00