KPK Dan Imigrasi Kerjasama Untuk Hadapi Gugatan Novanto Di PTUN

Hukum  SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 17:33:00 WIB

KPK Dan Imigrasi Kerjasama Untuk Hadapi Gugatan Novanto Di PTUN

Febri Diansyah/Net

RMOL. Tim biro hukum Komisi Pemberantasan Korupsi berkordinasi dengan Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Ham dalam menghadapi sidang guguatan pencagahan Ketua DPR RI Setya Novanto di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

Jurubicara KPK, Febri Diansyah menjelaskan meski KPK tidak dimasukkan sebagai pihak ikut terguguat, namun surat perintah pencagahan Novanto dikeluarkan oleh pihaknya. Imigrasi hanya mengikuti permintaan dari KPK.

"Perlu kami tegaskan, Pencegahan ke luar negeri tersebut dilakukan oleh Imigrasi berdasarkan perintah KPK dan pelaksanaannya mengacu pada Pasal 12 ayat (1) huruf b UU KPK, UU Imigrasi dan aturan lain yang terkait," ujar Febri di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Selasa (14/11).

Febri menjelaskan hari ini merupakan sidang perdana sidang gugatan Novanto terkait pencegahan ke luar negeri dengan agenda pembacaan gugatan dari pihak Novanto. Sidang lanjutan akan berlangsung pada Kamis, 16 November 2017 dengan agenda pembuktian.

Untuk mengahadapi gugatan tersebut, kata Febri, KPK telah melakukan koordinasi dan akan memberikan dukungan kepada Imigrasi serta mempertimbangkan kemungkinan hukum untuk menjadi pihak terkait dalam kasus ini.

Dalam gugatannya Novanto meminta PTUN Jakarta menyatakan Penundaan Pelaksanaan Surat Keputusan Pejabat Tata Usaha Negara Nomor: IMI.5.GR.02.05-3.0656, tanggal 2 Oktober 2017, perihal Pencegahan ke Luar Negeri dan Penarikan Sementara Paspor RI atas nama Setya Novanto. [Lilis/nes]

Komentar Pembaca
Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

SENIN, 07 MEI 2018 , 19:00:00

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

SENIN, 07 MEI 2018 , 17:00:00

Rumah Nyaman Nelayan Senang

Rumah Nyaman Nelayan Senang

SENIN, 07 MEI 2018 , 15:00:00