Tindakan Kriminalisasi Di Pulau Pari Dibantah

Kepulauan Seribu  RABU, 15 NOVEMBER 2017 , 14:38:00 WIB | LAPORAN: LOPI KASIM

Tindakan Kriminalisasi Di Pulau Pari Dibantah

Net

RMOL. Beredar isu jika warga Pulau Pari mendapatkan kriminalisasi dari PT Bumi Pari. Hal itu rupanya memberikan stigma negatif terhadap perusahaan tersebut.

Humas PT BUMI PARI ASRI, Ben Yithzak membantah pihaknya sudah melakukan kriminalisasi terhadap warga Pulau Pari yang menduduki tanah perusahaannya.

"Tentunya ini sudah menyebar fitnah terhadap perusahaan kami. Bahkan, kami sudah melaporkan orang yang mengklaim tanah kami atas nama Edi Priadi dan sudah divonis empat bulan penjara karena sudah mengklaim tanah kami," kata dia melalui keterangan tertulisnya, Rabu (15/11)

Saat ini, kata dia, pihaknya berencana akan melaporkan kembali sejumlah warga yang dinilai sudah melawan hukum yang dilindungi oleh undang-undang. Sebab, warga tersebut bersikukuh kalau tanah di Pulau Pari merupakan miliknya.

"Upaya hukum yang kami lakukan tidak bisa dikatakan sebagai kriminalisasi. Karena kan warga yang kami laporkan itu tidak bisa menunjukan bukti kepemilikannya lahan itu," tuturnya.

Menurut dia, laporan terhadap warga hingga jatuhnya vonis karena pihaknya ingin mempertahankan dan mengambil kembali hak lahannya yang sudah lama ditempati oleh warga atau oknum yang tanpa izin menempati lahannya.

"Perusahaan kami dan beberapa pemilik lahan perorangan lah yang menjadi korban dalam kasus sengketa tanah ini bukan warga yang mengaku-ngaku sebagai pemilik tanpa ada bukti berkekuatan hukum," tegasnya.

Bukti lain dalam kasus ini adalah, salah seorang warga bernama Katur Sulaiman sempat ditolak praperadilannya oleh Pengadilan. Sehingga, dalam kasus ini Katur yang juga dilaporkan PT Bumi Pari Asri proses penyidikan dan penetapan tersangka sudah sesuai prosedur dan mekanisme hukum yang berlaku.

"Jadi, saya tegaskan kembali isu kriminalisasi terhadap warga itu jadi tidak benar. Itu hanya alasan mereka aja untuk mencari pembelaan seolah-olah kami yang salah," pungkasnya.[mla]

Komentar Pembaca
Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

SENIN, 07 MEI 2018 , 19:00:00

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

SENIN, 07 MEI 2018 , 17:00:00

Rumah Nyaman Nelayan Senang

Rumah Nyaman Nelayan Senang

SENIN, 07 MEI 2018 , 15:00:00

Zohri Disopiri Jokowi

Zohri Disopiri Jokowi

KAMIS, 19 JULI 2018 , 00:13:00

Terburuk Dalam Sejarah

Terburuk Dalam Sejarah

JUM'AT, 03 AGUSTUS 2018 , 09:28:00

Hasil Tes Kesehatan Capres-Cawapres

Hasil Tes Kesehatan Capres-Cawapres

RABU, 15 AGUSTUS 2018 , 09:46:00