Pelihara Satwa Dilindungi, Bos Ayam Ternak Diringkus Mabes Polri

Hukum  SENIN, 20 NOVEMBER 2017 , 14:48:00 WIB | LAPORAN: ANDHIKA TIRTA SAPUTRA

Pelihara Satwa Dilindungi, Bos Ayam Ternak Diringkus Mabes Polri

Ilustrasu/Net

RMOL. Bareskrim Mabes Polri berhasil menangkap bos ternak ayam berinisial AT karena kedapatan memiliki sejumlah satwa yang dilindungi.

Informasi yang dihimpun, AT dibekuk petugas Bareskrim Polri di sebuah lahan kosong yang dijadikan AT tempat aktifitas memelihara satwanya. Lokasinya berada di belakang tempat usaha pemotongan ayam miliknya di Jalan Pendidikan RT 01/01 Rawa Kalong, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

Kiprah AT memelihara satwa yang dilindungi terbongkar setelah petugas menerima informasi dari warga sekitar yang khawatir akan keberadaan tempat pemeliharaan binatang reptil yang sangat membahayakan bila lepas dan kemudian masuk ke pemukiman warga.

Berbekal laporan tersebut, polisibergerak dengan mendatangi lokasi dimana AT memelihara sejumlah hewan. Ternyata, di lokasi petugas mendapati beragam hewan jenis melata yang sebagian dilindungi oleh negara. Pelaku kemudian digelandang.

"Saat penangkapan itu Kita warga disini ramai pada datang nonton ke lokasi. Karena orang itukan emang dikenal punya banyak ular. Ukurannya gede-gede lagi. Bukan hanya ular, tapi ada juga buaya," ujar salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya.

Dari tersangka yang tercatat beralamat tinggal di Villa Dago Pamulang, polisi menyita satu ekor buaya muara, dua ekor bonturong, dua ekor jalak bali dan satu ekor uler hijau. Enam satwa itu masuk kategori hewan dilindungi negara.

Kepala Bidang Penerangan Umum Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan, pihaknya masih terus mengembanhkan kasus ini.

Atas perbuatannya AT dijerat Pasal 21 ayat 2 huruf a jo Pasal 40 ayat 2 UU No 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.[dem]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00

Jokowi Injak Merah Putih

Jokowi Injak Merah Putih

SENIN, 03 OKTOBER 2016 , 08:35:00

Seks Kilat Ala Gadis Belia di Salon Plus Benhil (4-Habis)
Juri Lomba Masak

Juri Lomba Masak

SENIN, 13 FEBRUARI 2017 , 14:28:00