Korea Utara Promosikan Asian Games 2018

Olahraga  SELASA, 01 MEI 2018 , 19:34:00 WIB

Korea Utara Promosikan Asian Games 2018

Foto: KBRI

RMOLJakarta. Republik Rakyat Demokratik Korea atau Korea Utara ikut mempromosikan Asian Games 2018. Komite Olimpiade Nasional Korea Utara bekerja sama dengan Dewan Olimpiade Asia (Olympic Council of Asia/OCA) menyelenggarakan Official Fun Run of the 18th Jakarta-Palembang Asian Games” di Pyongyang,  Selasa pagi (1/5).

Dalam keterangan yang diterima redaksi dari KBRI Pyongyang disebutkan bahwa lari gembira itu diikuti lebih dari 200 atlet dan pelatih Korea Utara yang akan berlaga di Asian Games 2018, Duta Besar RI dan keluarga Besar KBRI Pyongyang, serta ekspatriat di Korea Utara.

Wakil Menteri Olahraga Korea Utara, Won Kil U dalam sambutannya mengatakan, lari gembira ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai Asian Games yang akan dilaksanakan di Indonesia pada Agustus hingga September 2018 dan sekaligus merupakan dukungan kepada para atlet dan pelatih yang akan berpartisipasi dalam Asian Games ke-18 ini.

Senada dengan pesan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo pada saat menerima Duta Besar Korea Utara dan Duta Besar Korea Selatan di Istana Merdeka, Jakarta, pada 30 April 2018, Wakil Menteri Olahraga Won Kil U mengatakan bahwa Asian Games merupakan ajang untuk mempererat persahabatan antarbangsa Asia melalui olahraga dan berperan dalam membangun dunia yang damai dan lebih baik.

Sementara itu, Presiden OCA, Syeikh Ahmed Al Fahad Al Ahmed Al Sabah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Media Manager OCA, Zhou Jian antara lain mengatakan bahwa 18th Asian Games Fun Run”  ini bertujuan untuk memperkenalkan olahraga dan Asian Games kepada generasi muda dan generasi penerus. Selain itu, acara ini merupakan kegiatan untuk kebersamaan, persahabatan, dan kegembiraan.  

Menurut Sukamto, Sekretaris II KBRI Pyongyang, lari gembira yang diadakan di Sports Village, Chongchun,  ini diikuti oleh para atlet papan atas dunia, antara lain Ri Se Gwang, peraih medali emas cabang olahraga senam pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016, dan Om Yun Chol,  peraih medali emas angkat besi kelas 56 kg pada Olimpiade London 2012 dan Asian Games 2014 serta medali perak Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Pada kesempatan ini Duta Besar RI Bambang Hiendrasto menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah dan Komite Olimpiade Nasional Korea Utara, melalui Wakil Menteri Olahraga Won Kil U, dan secara terpisah kepada Media Manager OCA, Zhou Jian, atas terselenggaranya kegiatan ini.

Acara lari gembira yang diliput oleh media cetak/elektronik setempat dan asing ini diakhiri dengan penyerahan sertifikat dan medali ”The 18th Jakarta-Palembang Asian Games Fun Run”  dari Presiden OCA yang diserahkan oleh Wakil Menteri Olahraga Korea Utara kepada Dubes RI dan para peserta. [dem]

Komentar Pembaca
Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

SENIN, 07 MEI 2018 , 19:00:00

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

SENIN, 07 MEI 2018 , 17:00:00

Rumah Nyaman Nelayan Senang

Rumah Nyaman Nelayan Senang

SENIN, 07 MEI 2018 , 15:00:00