Ada Bandara Kertajati, Majalengka Harus Jadi Tujuan Wisata

Nusantara  RABU, 30 MEI 2018 , 11:54:00 WIB

Ada Bandara Kertajati, Majalengka Harus Jadi Tujuan Wisata

Bandara Kertajati/Net

RMOLJakarta. Demi menunjang perekonomian daerah desa berkembang, maka inovasi sektor pariwisata terus didorong demi menarik perhatian turis asing datang ke Majalengka, Jawa Barat. 

Demikian disampaikan Menteri Desa Pembangunan Daerat Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo dalam rangkaian Jelajah Desa Ramadhan 2018 di Pendopo Kantor Bupati Majalengka, Jawa Barat, Rabu (30/5).

Menurutnya, perlu ada inovasi baru di daerah dengan mengedepankan sektor ekonomi kreatif berupa tempat wisata berbasis ecotourism. 

"Bukan hanya pertanian saja, tapi juga tadi malam kita bertemu dengan JAF (Jatiwangi Art Factory) komunitas kreatif yang dibina oleh Badan Ekonomi Kreatif. Kita sempat bicarakan bagaimana membentuk desa-desa alami di Majalengka, Majalengka itu terasa bagus loh, tidak kalah dengan Bali. Kita harus persiapkan destinasi wisatanya," ujar Eko.

Eko menambahkan bahwa akses menuju Majalengka kini sudah mudah seiring adanya Bandara Internasional Kertajati, Jawa Barat. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak memanfaatkan peluang tersebut menjadi manfaat.

Mendes akan berdiskusi dengan para perusahaan maskapai penerbangan agar dibuatkan rute langsung ke Majalengka, sehingga sasaran turis di Majalengka sendiri berbasis ecoturism.

"Dengan adanya Kertajati kita persiapkan destinasi wisata yang alami, nanti saya akan teruskan ke perusahaan airline agar dibuat seperti direct fligt atau penerbangan langsung," tambahnya.

Kementerian Desa PDTT mempunyai anggaran sebesar Rp 187 triliun dalam kurung waktu 4 tahun guna membangkitkan perekonomian pedesaan. Jumlah ini dimulai sejak 2015 sebesar Rp 20 triliun, 2016 sebesar Rp 47 triliun, dan untuk tahun 2017 dan 2018 sebesar Rp 60 triliun. [ian]


Komentar Pembaca
Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

SENIN, 07 MEI 2018 , 19:00:00

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

SENIN, 07 MEI 2018 , 17:00:00

Rumah Nyaman Nelayan Senang

Rumah Nyaman Nelayan Senang

SENIN, 07 MEI 2018 , 15:00:00