Asian Games Mestinya Jadi Pesta Rakyat, Tiket Jangan Kemahalan

Olahraga  RABU, 25 JULI 2018 , 15:30:00 WIB

Asian Games Mestinya Jadi Pesta Rakyat, Tiket Jangan Kemahalan
Tiket acara pembukaan Asian Games 2018 mulai dijual secara daring.

Berdasarkan pantauan di Kiostix.Com pada Selasa (24/7), untuk acara pembukaan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada 18 Agustus 2018 itu, tiket terdiri dari tiga pilihan harga, yaitu Rp 750 ribu, Rp 1,5 juta, dan Rp 5 juta.

Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif Jakarta Research and Public Policy (JRPP) Muhamad Alipudin menilai penetapan harga tiket tidak membumi.

"Salah satu indikator kesuksesan Asian Games 2018 adalah keterlibatan rakyat. Dalam hal ini Pemprov (Pemerintah Provinsi) DKI sebagai tuan rumah seharusnya menjadikan ajang ini menjadi pesta rakyat. Caranya sederhana, berikan harga tiket yang terjangkau sehingga masyarakat jadi penonton langsung. Asian Games wajib menjadi hiburan bagi masyarakat," kata Alipudin dalam pesan singkatnya, Rabu (25/7).

Alipudin mengatakan, seharusnya Asian Games menjadi konsumsi semua publik, tidak hanya golongan tertentu.

"Terjangkau itu kan perspektif kaum menengah ke atas, Pemprov DKI yang selama ini terlihat berpihak kepada rakyat kecil juga harus mempertimbangkan golongan kecil yang ingin menjadi penonton, tapi melihat tiketnya tidak terjangkau," kata Alipudin.

Alipudin menambahkan, aspek bisnis dalam penyelenggaraan pembukaan Asian Games 2018 tidak bisa dipungkiri dan melupakan rakyat kecil yang haus akan hiburan. [ald]

Komentar Pembaca