Perantau Lampung Di Jabodetabek Galang Bantuan Untuk Korban Gempa Lombok

Sosial  SENIN, 20 AGUSTUS 2018 , 16:58:00 WIB | LAPORAN:

Perantau Lampung Di Jabodetabek Galang Bantuan Untuk Korban Gempa Lombok

Bantuan warga Lampung di Jabodeabek/Ela

RMOLJAKARTA. Warga Lampung yang tinggal di Jabodetabek mengumpulkan beragam bantuan untuk korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bantuan yang diberikan berupa Sembako, obat-obatan, makanan belita, pakaian, terpal, dan alat-alat kebutuhan pengungsi lainnya.

"Penyaluran bantuan dilakukan hari ini melalui Bandara Halim Perdana Kusuma yang bekerjasama dengan TNI AU dan Mahasiswa Lampung," kata Ketua Steering Committee Panitia Bersama Bakti Sosial Bencana Lombok Masyarakat Lampung, Ansori Sinungan, di Asrama Mahasiswa Lampung di Jakarta, Senin (20/8).

Bantuan ini, lanjutnya, sebagai bentuk dari rasa prihatin kita, turut merasakan penderitaan saudara-saudara kita yang ada di Lombok.  Bantuan ini dikumpulkan dari masyarakat Lampung yang ada di Jabodetabek.

"Bantuan ini spontanitas saja dan sudah kami siapkan berupa sembako, obat-obatan, selimut, terpal untuk kebutuhan di lapangan. Informasi yang kita dapat sungguh memprihatinkan kondisinya. Untuk gosok gigi saja mereka enggak ada, untuk mandi saja sulit, semua serba sulit, terangnya," ujar Ansori yang mantan Wakil Ketua Komnas HAM ini.

Bantuan tidak  hanya ini saja, Ansori memastikan bantuan akan kembali diberikan oleh masyarakat Lampung karena gempa susulan kembali terjadi.

"Mungkin kita akan teruskan lagi karena ternyata gempa masih terjadi lagi, bahkan dengan skala yang sama . Jadi masalah ini cukup panjang," jelasnya.

Sedangkan Ketua Tim Pengarah Panitia Baksos Lampung Peduli Lombok, Rusmadi mengatakan pihaknya telah menerjunkan relawan masyarakat Lampung di Lombok, Nusa Tenggara Barat.  Bantuan ini untuk membantu saudara-saudara kita di Lombok.

"Bantuan ini memang kita prioritaskan. Kami  minta informasi dari relawan yang ada di Lombok sana, jenis bantuan seperti apa yang diperlukan, cocok dan mendesak. Umumnya masyarakat di sana, kan, trauma dengan gempa itu. Mereka tidak tinggal di rumah sehingga memerlukan terpal untuk tinggal di luar. Itu sementara yang kita anggap segera kita kirim," kata Rusmadi.

Trip pertama pengiriman bantuan ke Lombok dilakukan pada Senin 20 Agustus 2018. Bantuan terdiri dari obat-obatan, sembako, pakaian, tenda terpal, selimut, perlengkapan mandi, makanan balita dan ibu hamil dan lain sebagainya seberat sekitar 2 ton.

"Kita yakin  dari provinsi lain juga membantu korban gempa Lombok seperti yang dilakukan masyarakat Lampung di perantauan di Jabodetabek. Kebersamaan harus dibangun untuk saudara kita yang sedang mengalami bencana," tandasnya. [zul]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN