Anies Akan Sanksi Oknum Penganiaya Penyandang Disabilitas

Jakarta  SENIN, 20 AGUSTUS 2018 , 17:06:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Anies Akan Sanksi Oknum Penganiaya Penyandang Disabilitas

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

RMOL. Sempat viral kabar pemuda penyandang disabilitas keterbelakangan mental dianiaya oleh oknum di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan instruksikan jajarannya memeriksa kebenaran berita tersebut.

Anies mengaku sudah melihat kabar tersebut melalui sosial media dan ia berjanji akan menindaklanjuti.

Instruksinya jelas, periksa dan siapa pun yang melanggar akan kena sanksi. Dan apabila tindakan ini masuk klasifikasi tindak pidana, maka akan diproses secara hukum oleh aparat kepolisian, akan dilaporkan,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (20/8).

Menurut Anies, jika memang oknum yang diduga menganiaya itu dari jajaran Pemprov DKI, maka oknum tersebut bisa saja diberhentikan dari jabatannya. Namun sanksi hukum pun tetap akan dijalankan jika termasuk ke dalam tindak pidana.

Kalau itu aparat kita maka sanksi adminiatratif, sanksi manajemen akan diberikan. Tapi dia juga sebagai pribadi di Indonesia harus bertanggung jawab di hadapan pengadilan. Sebagai pegawai, sebagai pribadi,” tegas Anies.

Sebelumnya, kasus pemukulan Ali Achmad Firmansyah alias Iyan (20) sempat viral di media sosial. Iyan yang mengalami gangguan keterbelakangan mental, diduga dianiya oleh oknum Pemprov hingga luka di sekujur tubuhnya.

Sebelumnya pada Jumat (17/8) lalu, Iyan sempat dinyatakan hilang oleh keluarganya, namun ketika ditemukan di Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya I Kedoya, Jakarta Barat, pemuda ini dalam kondisi babak belur dan penuh luka sundut.

Pihak dari Panti Sosial pun diketahui sempat menanyakan hal tersebut kepada keluarga ketika menjemput Iyan.

Diduga Iyan diamankan dan dianiaya di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Hal ini dipicu karena Iyan diduga mencuri, sebab saat diamankan, pemuda ini tengah membawa uang sebanyak Rp2 juta.

Namun kini, Iyan telah kembali ke tengah-tengah keluarganya. [yhr]

Komentar Pembaca
Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 17:21:00

Pemprov DKI Gelar Pameran Foto Ruang Ketiga Di Balai Kota
Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

MINGGU, 03 NOVEMBER 2019 , 15:55:00