Hewan Kurban Di Jakarta Tetap Dipotong Di RPH

Jakarta  SELASA, 21 AGUSTUS 2018 , 13:01:00 WIB

Hewan Kurban Di Jakarta Tetap Dipotong Di RPH

Foto/Net

RMOL. Demi menjaga kebersihan dan kelaikan hewan kurban, masyarakat Jakarta diminta untuk melakukan sembelih di tempat Resmi Pemotongan Hewan (RPH), bukan di tempat terbuka seperti pinggir jalan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan masyarakat untuk tidak melakukan pemotongan hewan di tempat - tempat terbuka. Terlebih saat ini sedang berlangsung Asian Games 2018 dan pemerintah sangat memperhatikan kebersihan serta ketertiban selama gelaran tersebut

"Yang pasti kita imbau, sebaiknya dipotong di rumah potong hewan,  agar kebersihan tetap terkendali," kata Isnawa saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (21/8).

Isnawa menegaskan, Pemprov DKI sendiri sudah memiliki payung hukum yang mengatur penjualan dan pemotongan hewan kurban. Aturan tersebut masuk dalam Instruksi Gubernur (Ingub) nomor 168/2015 tentang Pengendalian, Penampungan, dan Pemotongan Hewan yang dikeluarkan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Kalau yang monitor tersebut ada di bawah kendali dinas DKPKP. Namun Dinas LH sarankan dan mohon agar pasca pemotongan hewan kurban, darah, dan sisa tubuh hewan jangan dibuang ke sungai atau selokan," tambah Isnawa.

Meski begitu, Isnawa yakin pihaknya masih bisa menangani masalah kebersihan lingkungan di Jakarta pada hari raya Idul Adha. [jto]

Komentar Pembaca