Meski Tuan Rumah Asian Games 2018

Warga Palembang Masih Bisa Salat Ied di Jembatan Ampera

Ragam  SELASA, 21 AGUSTUS 2018 , 19:26:00 WIB | LAPORAN:

Warga Palembang Masih Bisa Salat Ied di Jembatan Ampera

Ketika warga Palembang salat Ied di Jembatan Ampera.

RMOL. Penyelenggaraan Asian Games di Palembang, Sumatera Selatan, yang diselingi hari raya Idul Adha membuat khawatir warga kota itu absen menjalani salat Ied di Jembatan Ampera yang telah menjadi tradisi. Namun, kekhawatiran itu pupus karena Kapolda Sumsel Irjen Zulkarnain Adinegara menjamin warga dapat menyelenggarakan salat di jembatan bersejarah pampasan Perang Dunia II itu.

Sebelumnya, salat Ied di Jembatan Ampera dikhawatirkan mengganggu lalu lintas penyelenggaraan Asian Games 18 di Palembang. Namun Kapolda Irjen Zulkarnain menegaskan, warga tetap diperkenankan salat di jembatan itu.

"Tidak benar ada pembubaran itu, kami tetap bolehkan salat Ied di Jembatan Ampera. Apalagi, salatnya cuma dua jam, tidak bakal mengganggu Asian Games," ungkap Zulkarnain, Senin, 20/8/18.

Kasatlantas Polresta Palembang Kompol Andi Baso Rahman pun mengiyakan izin Kapolda. Kompol Andi Baso Rahman menyatakan polisi hanya akan mengatur agar lalu lintas tidak terhambat.

"Tidak ada yang bakal membubarkan, kami hanya mengatur agar lalu lintas lancar," ujarnya, Selasa, 21/8/18.

Pengalihan arus dilakukan bila jalur dari Kertapati menuju Jembatan Ampera dan Masjid Agung padat. Sementara dari arah seberang ilir, diarahkan ke Jalan Kolonel Atmo menuju Jembatan Ampera terus ke Jakabaring.

"Jadi tidak ada polisi bubarkan masyarakat yang salat Ied di atas Jembatan Ampera," tegasnya.

Meskipun ada atlet dan ofisial peserta di Asian Games 2018 yang akan lalu-lalang di Ampera, Andi menyebut hal itu bukan alasan polisi untuk melarang masyarakat salat.

Pihaknya pun telah melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengalhkan akses atlet dan ofisial dari hotel menuju Jakabaring.

"Salat Idul Adha di sekitar Masjid Agung dan Ampera tetap seperti di tahun-tahun lalu. Jadi untuk aktifitas akses atlet dan ofisial selama Asian Games tidak akan menghalangi," katanya.

"Saya dapat informasi ada atlet nginap di hotel, mereka bertanding pagi. Jadi nanti ini dialihkan melalui Jembatan Musi II dengan pengawalan. Begitu juga dengan yang salat di sekitaran Masjid Agung dan Ampera," kata Andi.

Salat Ied di Jembatan Ampera Palembang sudah menjadi tradisi karena kapasitas Masjid Agung Palembang sudah tak memadai lagi menampung jamaah. Gubernur Alex Noerdin tengah membangun masjid baru dan akan menjadi  terbesar sehingga dapat menampung lebih banyak jamaah.

Komentar Pembaca
Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

SENIN, 07 MEI 2018 , 19:00:00

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

SENIN, 07 MEI 2018 , 17:00:00

Rumah Nyaman Nelayan Senang

Rumah Nyaman Nelayan Senang

SENIN, 07 MEI 2018 , 15:00:00

Zohri Disopiri Jokowi

Zohri Disopiri Jokowi

KAMIS, 19 JULI 2018 , 00:13:00

Terburuk Dalam Sejarah

Terburuk Dalam Sejarah

JUM'AT, 03 AGUSTUS 2018 , 09:28:00

Hasil Tes Kesehatan Capres-Cawapres

Hasil Tes Kesehatan Capres-Cawapres

RABU, 15 AGUSTUS 2018 , 09:46:00