Anies Diminta Bangun Rumah DP Rp 0 di RPH Kapuk

Jakarta  KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 21:45:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Anies Diminta Bangun Rumah DP Rp 0 di RPH Kapuk

Inggard Joshua-Net

RMOL.Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan diimbau segera merelokasi Rumah Pemotongan Hewan (RPH) babi yang terletak di Kelurahan Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat. Karena keberadaan RPH itu telah mencemari serta mengganggu pemukiman penduduk di sekitarnya.

"Sebaiknya RPH Kapuk itu direlokasi ke pinggiran Jakarta, atau dikerjasamakan dengan daerah lain yang jauh dari kawasan pemukiman," kata Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta, Inggard Joshua melalui keterangan tertulisnya, Kamis (6/9).

Disisi lain, RPH Kapuk yang memiliki luas mencapai 5 hektare itu juga tidak efektif. Karena setiap harinya hanya memotong 20 ekor babi.

Karena itulah Inggard menyarankan agar lahan RPH Kapuk itu lebih baik dimanfaatkan untuk lokasi pembangunan DP Rp 0 atau sarana umum lainnya, seperti sekolah atau puskesmas.

"Populasi wilayah Kapuk terbilang padat, sekitar 160 ribu jiwa. Lebih baik lahannya digunakan untuk program rumah DP Rp 0," ujar Inggard.

"Lagipula kebutuhan masyarakat Jakarta akan daging babi sangat sedikit. Dengan demikian alangkah baiknya PT Dharma Jaya sebagai BUMD milik Pemprov DKI yang berwenang mendistribusikan daging dan menaungi rumah potong hewan di Ibukota, tidak lagi melakukan pemotongan babi. Melainkan cukup langsung melakukan pegadaan dagingnya saja," pungkas Inggard.(dod)

Komentar Pembaca