Kadis LH Ditantang Buktikan Kepemilikan Lahan 10,5 Hektare

Hukum  RABU, 12 SEPTEMBER 2018 , 16:24:00 WIB

Kadis LH Ditantang Buktikan Kepemilikan Lahan 10,5 Hektare

Isnawa Adji-Net

RMOL.Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta, Isnawa Adji ditantang bekas pengelola TPST Bantar Gebang, yakni PT Godang Tua Jaya (GTJ), untuk membuktikan kepemilikan lahan seluas 10, 5 hektare yang lokasinya bersebelahan dengan TPST.

Informasi yang diperoleh, pihak GTJ sudah melayangkan undangan pertemuan agar Isnawa membawa bukti-bukti kepemilikan lahan 10,5 hektare yang selama ini diklaim milik Pemprov DKI Jakarta.

"Bagus dong kalau ada tantangan seperti itu. Sehingga ada titik terang, siapa sebenarnya pemilik lahan itu," kata Pengamat Kebijakan Publik dari Budgeting Metropolitan Watch (BMW), Amir Hamzah di Jakarta, Rabu (12/9).

Sejauh ini Isnawa diketahui masih berupaya merecoki internal PT GTJ.

Padahal sejak dilakukan pemutusan sepihak kontrak kerjasama pengelolaan sampah di TPST Bantar Gebang, Dinas LH dengan GTJ tidak lagi memiliki ikatan hukum apapun.

"Sejak pemutusan kontrak sepihak, tidak ada lagi urusan Dinas LH dengan GTJ serta PT NOEI (Navigat Organic Energy Indonesia) dalam hal TPST Bantar Gebang," kata Amir.

Dengan demikian jika di kemudian hari ada kerjasama antara Dinas LH dengan PT NOEI, tidak ada lagi kaitannya dengan GTJ.

Termasuk saat Isnawa berkirim surat meminta foto kopi sertifikat lahan GTJ seluas 10,5 hektare, itu tak dapat dibenarkan.

Lahan seluas 10,5 hektare yang lokasinya bersinggungan dengan TPST Bantar Gebang itu merupakan milik GTJ yang sudah bersertifikat.(dod)

Komentar Pembaca