Anies Lambat Bebaskan Lahan, Normalisasi Sungai Jadi Terhambat

Jakarta  JUM'AT, 14 SEPTEMBER 2018 , 11:26:00 WIB

Anies Lambat Bebaskan Lahan, Normalisasi Sungai Jadi Terhambat

Anies Baswedan-Ist

RMOL.Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dinilai tak serius melakukan normalisasi sungai. Buktinya hingga kini pembebasan lahan sekitar bantaran sungai tak maksimal.

"Bicara soal normalisasi kali kenapa sih sampai hari ini enggak pernah terwujud? Karena pemerintah daerah tak kunjung melakukan pembebasan lahannya," kata Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono, Jumat (14/9).

Gembong menyebut Sungai Ciliwung merupakan kewenangan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Namun, pembenahan juga melibatkan pemerintah daerah, salah satunya Pemprov DKI Jakarta.

"Untuk membenahi kali Ciliwung enggak bisa pemerintah pusat sendirian. Harus menggandeng pemerintah daerah, maka hal seperti ini harus kita duduk bersama dan ada program yang dirumuskan sehingga bisa terlaksana," ujar Gembong.

Menurut Gembong, jika pemerintah pusat dan Pemda berkolaborasi, maka mewujudkan sungai indah seperti Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan bukan sekadar mimpi.

"Sinergi antara Pemda dan pemerintah pusat itu seperti pemerintah daerah yang membebaskan lahan, yang membangun pemerintah pusat. Kalau salah satu tidak jalan ya enggak jalan," kata Gembong.

Hingga 2018, proyek normalisasi Kali Ciliwung baru mencapai 16 kilometer dari 33 kilometer proyek normalisasi. Dari empat paket pengerjaan proyek, baru dua yang selesai.(dod)

Komentar Pembaca
PPSU Bersih-Bersih

PPSU Bersih-Bersih

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:42:00

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:29:00

20 NGO Hadiri Gathering di Rawamangun

20 NGO Hadiri Gathering di Rawamangun

SABTU, 25 MEI 2019 , 13:35:00