Di Rusia, Khabib Lebih Terkenal Dari Maria Sharapova

Olahraga  SELASA, 09 OKTOBER 2018 , 09:21:00 WIB

Di Rusia, Khabib Lebih Terkenal Dari Maria Sharapova

Khabib Nurmagomedov/Net

RMOL.Sebelum mengalahkan Conor McGregor pada pertandingan UFC 229 yang digelar Sabtu (6/10) waktu setempat, nama petarung Khabib Nurmagomedov (30), ternyata sudah sangat terkenal di negara asalnya, Rusia.

Di Rusia, Khabib adalah seorang atlet selebriti. Ia sangat terkenal. Paling tidak pengikut media sosialnya jauh lebih banyak dari petenis cantik Rusia, Maria Sharapova.

Khabib kini tentu saja makin terkenal setelah mengalahkan petarung bebas Conor McGregor. Terlebih ia dengan gamblang membela agamanya dan ayahnya yang sudah dihina McGregor dan timnya.

Seperti dilansir wikipedia, Khabib lahir di desa Sildi, Distrik Tsumadinsky ASSR Dagestan, sebuah republik otonom di dalam SFSR Rusia, Uni Soviet, (sekarang Rusia) 20 September 1988. Khabib adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Kakak laki-lakinya bernama Magomed dan adik perempuan bernama Amina.

Pada masa kanak-kanak, Khabib pernah pindah ke negara bagian Dagestan, Makhachkala. Kemudian, dia pindah ke Kiev, Ukraina. Di sana, dia berlatih di Combat Dobro. Kemudian keluarga ayahnya pindah dari Sildi, Distrik Tsumadinsky, ke Kirovaul, tempat ayahnya mengubah lantai dasar gedung dua lantai mereka menjadi gedung olahraga. Khabib dibesarkan di rumah tangga dengan saudaranya tadi dan sepupu.

Pada masa mudanya, Khabib sering terlibat dalam perkelahian jalanan, sebelum memusatkan perhatiannya pada seni bela diri campuran. Minatnya dalam seni bela diri ini dimulai ketika menonton pelatihan siswa di gym atau pusat kebugaran.

Seperti kebiasaan sebagian besar anak-anak di Dagestan, dia mulai bergulat sejak usia dini. Dia mulai berlatih pada usia delapan tahun di bawah asuhan ayah tercinta, Abdulmanap Nurmagomedov.

Sang ayah yang juga menekuni gulat sejak usia dini adalah atlet dan seorang veteran Angkatan Darat. Ayahnya sempat menjalani latihan judo dan sambo di dunia militer. Saat berusia sembilan tahun, pada 1997, sang ayah rajin mendidik Khabib.

Pada 2001, keluarga Khabib kemudian pindah ke Machachkala. Di dunia olahraga, kota ini terkenal karena memiliki klub sepakbola terkenal, Anzhi Makhachkala yang pernah membeli Willian yang sekarang menjadi bintang Chelsea dan Timnas Brasil serta Samuel Eto'o saat klub itu masih dimiliki miliarder Suleyman Kerimov.

Di sana, Khabib berlatih gulat pada usia 12 dan judo sejak usia 15 tahun. Khabib kemudian mulai berlatih sambo pertempuran lagi pada usia 17 tahun di bawah asuhan ayahnya sendiri.

Sementara terkait kehidupan keluarganya, media-media Inggris seperti The Sun dan Express.co.ukmengungkapkan, tidak banyak yang tahu tentang kehidupan keluarga pria 30 tahun bernama lengkap Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov ini.

Namun kedua media tersebut memastikan, ia sudah menikah dengan seorang perempuan yang juga tidak diungkapkan namanya ke publik, sebagaimana kebiasaan orang Rusia. Mereka menikah pada Juni 2013. Hal itu diketahui karena tahu ini mereka merayakan ulang tahun perkawinan ke-lima.

Dari pernikahan tersebut, Khabib dikaruniai dua orang anak. Anak pertamanya, seorang perempuan, lahir pada 1 Juni 2013. Namun, tidak ada yang tahu siapa nama sang putri. Lalu pada 30 Desember 2017, ia dikaruniai seorang anak laki-laki yang diberi nama Mohammed.(dod)

Komentar Pembaca
Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

SENIN, 07 MEI 2018 , 19:00:00

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

SENIN, 07 MEI 2018 , 17:00:00

Rumah Nyaman Nelayan Senang

Rumah Nyaman Nelayan Senang

SENIN, 07 MEI 2018 , 15:00:00

Zohri Disopiri Jokowi

Zohri Disopiri Jokowi

KAMIS, 19 JULI 2018 , 00:13:00

Terburuk Dalam Sejarah

Terburuk Dalam Sejarah

JUM'AT, 03 AGUSTUS 2018 , 09:28:00

Hasil Tes Kesehatan Capres-Cawapres

Hasil Tes Kesehatan Capres-Cawapres

RABU, 15 AGUSTUS 2018 , 09:46:00