Genjot Minat Baca, Pengelola Perpustakaan Harus Inovatif

Jakarta  SELASA, 09 OKTOBER 2018 , 19:53:00 WIB

Genjot Minat Baca, Pengelola Perpustakaan Harus Inovatif

Anies Baswedan/Net

RMOL.Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengaku prihatin dengan rendahnya minat baca warga.

Bahkan berdasarkan studi "Most Littered Nation In the World" yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca. Posisi Indonesia persis berada dibawah Thailand (59) dan di atas Bostwana (61).

"Padahal, dari segi penilaian infrastuktur untuk mendukung membaca peringkat Indonesia berada di atas negara-negara Eropa," kata Anies saat membuka seminar dan musyawarah nasional Forum Perpustakaan Sekolah Indonesia (FPSI) di Jakarta, Selasa (9/10).

Menurut Anies, minat baca bukan hanya tumbuh di dalam rumah, tetapi harus tumbuh di rumah kedua yaitu sekolah-sekolah.

"Pengelola perpustakaan harus kreatif dan inovatif dan terus membawa pembaharuan serta pendekatan sesuai dengan anak-anak zaman sekarang. Aehingga minat baca warga Indonesia meningkat," ujar Anies.

Anies mengungkapkan, terdapat beberapa perpustakaan yang masih mengurus buku dengan sangat rapih agar bersih.

Padahal, kata Anies, seharusnya buku seharusnya menjadi sarana bahan membaca.

"Banyak sekali buku yang rapih sekali masih di plastiknya, katanya biar aman padahal tujuannya adalah dibaca," tuturnya.

"Buku jangan dilakukan seperti funiture bangunan, buku ya gunakan saja. Buku mau di coret-coret, coretlah disitu," imbuhnya.

Lebih lanjut, Anies menuturkan Pemprov DKI akan mendukung pemanfaatan perpustakaan yang berada di Jakarta. Ia berharap agar perpustakaan dapat digunakan oleh seluruh masyarakat ibukota

"Pemprov DKI harus mau memanfaatkan (perpustakaan) ini semua seluruh aparaturnya cara lebih jauh teknis nya. Kita ingin agar fasilitas luar biasa dimanfaatkan semua siswa dan warga Jakarta," tutupnya. (dod/han)

Komentar Pembaca
Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 17:21:00

Pemprov DKI Gelar Pameran Foto Ruang Ketiga Di Balai Kota
Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

MINGGU, 03 NOVEMBER 2019 , 15:55:00