Gelar HSE Awards 2018, Ciputra Residence Berperan Turunkan Angka Kecelakaan Kerja

Ekonomi  RABU, 10 OKTOBER 2018 , 16:43:00 WIB

Gelar HSE Awards 2018, Ciputra Residence Berperan Turunkan Angka Kecelakaan Kerja

HSE Awards 2018/Ist

RMOLJakarta. PT Ciputra Residence terus memantapkan komitmennya dalam mengimplementasikan dan membudayakan budaya Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (K3L) atau HSE (Health, Safety & Environment). Salah satu caranya adalah dengan secara continue melaksanakan program Health, Safety & Environment Awards (HSE Awards).

"Langkah. PT Ciputra Residence dengan HSE Awards 2018 adalah sebagai wujud turut serta mendorong upaya pemerintah dalam mensukseskan program Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya K3 Tahun 2020. Awarding tahun ini merupakan gelaran tahun ke-4 dan," kata Direktur PT Ciputra Residence, Mary Okto Sihombing di sela-sela kegiatan HSE Awards 2018 yang berlangsung di Ciputra Artpreneur, Ciputra World 1 Jakarta, Rabu (10/10).

Melalui program ini, sebanyak 42 kontraktor dan sub-kontraktor yang bekerjasama dengan PT Ciputra Residence akan dinilai untuk menjadi yang terbaik dalam menjalankan program K3.

Budaya HSE di PT Ciputra Residence, lanjutnya, berbanding lurus dengan langkah pemerintah melalui kementerian ketenagakerjaan dalam mendorong berbagai pihak untuk semakin berperan aktif menurunkan tingkat kecelakaan kerja di Indonesia.

Tercatat, berdasarkan data dari BPJS Ketenagakerjaan jumlah kasus kecelakaan kerja di Indonesia terus menurun. Tahun 2015 terjadi kecelakaan kerja sebanyak 110.285 kasus, sedangkan tahun 2016 sejumlah 105.182 kasus, sehingga mengalami penurunan sebanyak 4,6%. Sedangkan sampai Agustus tahun 2017 terdapat sebanyak 80.392 kasus.

Perusaannya, lanjut Mary, sangat mendukung berbagai langkah pemerintah dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya berbudaya HSE. Untuk itu, dalam pelaksanaanya PT Ciputra Residence menekankan agar semua pihak harus turun tangan untuk bekerja sama serta mengimplementasikannya, agar budaya HSE di tempat kerja dan lingkungan masyarakat umum di seluruh proyek proyek PT Ciputra Residence benar-benar terwujud.

"Penerapan budaya HSE merupakan bagian integral pembangunan nasional untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing Indonesia. Kami di PT Ciputra Residence juga menyadari betul pentingnya penerapan budaya HSE dalam setiap pembangunan proyek kami," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagaankerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia, Irjen Pol. Sugeng Priyanto, sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar PT Ciputra Residance tersebut. Dia pun ingin menjadikan program ini sebagai pilot projek untuk dicontoh oleh perusahaan-perusahan lainnya.

"Jika ditinjau dari faktor keselakaan, angka kematian akibat kecelakaan kerja saat ini berada di peringkat ketiga setelah akibat narkoba dan kecelakaan lalu lintas. Untuk itu, perlu dilakukan berbagai cara dan dicarikan solusi agar angka kematian pada kecelakaan kerja tidak terus meningkat," katanya.

Salah satunya, lanjut dia, adalah dengan menggelar award ini. Kemanaker juga telah menggelar kegiatan serupa dengan skala nasional. Sejauh ini, langkah tersebut dapat menurunkan angka kecelakaan kerja.

"Solusi lainnya adalah, membangun perpolisian masyarakat, yaitu menjadikan masyarakat memiliki kesadaran dan kemampuan untuk melakukan pengawasan terhadap keselamatan mereka dalam berkerja," terang dia.

"Para pekerja tidak bisa mengandalkan pengawas keselamat kerja yang saat ini jumlahnya hanya 1.574. Jumlah ini tentu tentu sangat belum memadai untuk mengawasi 150 juta pekerja yang ada di seluruh Indonesia," tambahnya.(dod/zul)

Komentar Pembaca
Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

SENIN, 07 MEI 2018 , 19:00:00

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

SENIN, 07 MEI 2018 , 17:00:00

Rumah Nyaman Nelayan Senang

Rumah Nyaman Nelayan Senang

SENIN, 07 MEI 2018 , 15:00:00

Zohri Disopiri Jokowi

Zohri Disopiri Jokowi

KAMIS, 19 JULI 2018 , 00:13:00

Terburuk Dalam Sejarah

Terburuk Dalam Sejarah

JUM'AT, 03 AGUSTUS 2018 , 09:28:00

Hasil Tes Kesehatan Capres-Cawapres

Hasil Tes Kesehatan Capres-Cawapres

RABU, 15 AGUSTUS 2018 , 09:46:00