Gambar Cadas Tertua Ditemukan di Kaltim

Ragam  KAMIS, 08 NOVEMBER 2018 , 15:28:00 WIB

Gambar Cadas Tertua Ditemukan di Kaltim
RMOLJakarta.Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Arkenas) dan Institut Teknologi Bandung (ITB), bersama dengan para peneliti dari Universitas Griffith-Australia berhasil menemukan gambar-gambar cadas tertua di dunia yang berusia 40.000 tahun, terletak di semenanjung Sangkulirang-Mangkalihat Kalimantan Timur.

"Ya kita usulkan (menjadi warisan dunia) seperti prosedur biasanya, dan ini akan mendapatkan apresiasi yang sangat besar dari masyarakat dunia, dan diakui oleh UNESCO," kata Kepala Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Arkenas), I Made Geria, dalam sambutannya di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta Selatan, Kamis (8/11).

"Ini merupakan suatu kebanggaan, karena pekerjaan masa lampau itu memberikan nilai pada kehidupan masa kini," sambungnya.

Gambar cadas tersebut ditemukan di gua-gua yang berada di atas pegunungan terpencil di Semenanjung Sangkulirang-Mangkalihat, Kalimantan Timur. Sejak 1990-an telah diketahui tempat tersebut menyimpan serangkaian gambar purba. Termasuk ribuan penggambaran tangan manusia (stensil), hewan, simbol abstrak dan motif yang saling berhubungan.

Penemuan ini menegaskan pandangan bahwa gambar cadas tidaklah berkembang di Eropa saja, seperti diyakini selama ini, melainkan merupakan salah satu inovasi penting dalam sejarah kebudayaan manusia yang berakar pada Zaman Es di Indonesia. Riset ini merupakan hasil kerja bersama Griffith University, Institut Teknologi Bandung, dan Puslit Arkenas sejak sejak 2014.

Kawasanq Sangkulirang -Mangkalihat, merupakan area yang memiliki peninggalan arkeologis yang sangat potensial. Gambar cadas yang dikaji tersebut telah memberikan informasi terkait dengan kebudayaan di tanah Borneo.(dod/han)

Komentar Pembaca
Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Cegah Banjir, 41 Drainase Vertikal Dibangun di Jaktim
PPSU Bersih-Bersih

PPSU Bersih-Bersih

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:42:00

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:29:00