Ternyata, Modal PMD Tak Terserap Capai Rp 4,2 Triliun

Ekonomi  RABU, 14 NOVEMBER 2018 , 17:04:00 WIB

Ternyata, Modal PMD Tak Terserap Capai Rp 4,2 Triliun
RMOLJakarta.Kepala Bidang Pembinaan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Lusiana Herawati mengatakan, hasil monitoring yang dilakukannya, ada sejumlah penyertaan modal daerah (PMD) yang tidak terserap dengan baik. Nilainya mencapai Rp 4,2 triliun dari hasil rekapitulasi berbagai BUMD.

"Ini bagian dari hasil monitoring yang kita lakukan. Kita ketahui, ada dana sebesar Rp 4,2 triliun yang masih ada di BUMD. Ini dibagi menjadi dua. Satu adalah bagian yang memang secara proyek tidak bisa dilaksanakan, mungkin karena ada perubahan kondisi," kata Lusiana di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (14/11).

Lusiana mencontohkan, modal yang disuntikkan kepada PD Dharma Jaya untuk membangun peternakan sapi di NTT tidak bisa digunakan karena tidak visible. Sehingga, Dharma Jaya mengajukan rencana untuk realokasi ke kegiatan lain.

Ada juga kegiatan BUMD yang masih dalam proses, karena pelaksanaannya tidak tepat waktu. Sehingga dana itu masih dialokasikan, tapi belum selesai proyeknya.

"Mekanisme penyertaan modal terhadap BUMD, kita gunakan Permendagri 52 tahun 2012. Disini diatur bagaimana BUMD harus mengajukan penyertaan modal kepada pemerintah. BUMD harus mengajukan sesuai kebutuhannya. Atas proposal yang diajukan BUMD itu perlu dikaji kelayakan investasi oleh penilai investasi. Itu yang kita lakukan," ungkap Lusiana.

Diakuinya, persoalan PMD yang akan dilakukan realokasi atau dikembalikan ke kas daerah sudah didiskusikan dengan Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan. Secara ketentuan, lanjutnya, tidak ada pasal yang menyatakan itu harus kembali ke kas daerah.

"Kita sekarang sedang berproses membuat Pergub terkait pengelolaan investasi daerah. Didalamnya mengatur mekanisme perubahan penggunaan dana PMD yang kita istilahkan realokasi. Bagaimana BUMD harus mengajukan permohonan disertai kajian, paling tidak kajiannya ada manfaat ekonomi dan finansial," pungkas Lusiana.(dod)

Komentar Pembaca
Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Cegah Banjir, 41 Drainase Vertikal Dibangun di Jaktim
PPSU Bersih-Bersih

PPSU Bersih-Bersih

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:42:00

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:29:00