Yasonna Laoly Inginkan 267 Kekurahan di DKI Taat Hukum

Hukum  SENIN, 19 NOVEMBER 2018 , 11:52:00 WIB

Yasonna Laoly Inginkan 267 Kekurahan di DKI Taat Hukum

Kelurahan Sadar Hukum 2018

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Laoly ditemani Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balai Kota DKI meresmikan Kelurahan Sadar Hukum 2018.

"Jadi kan tadi saya sudah sampaikan, implementasi hukum itu 40 persen penerapan hukumnya access to Justice ya. Kemudian ketaatan, access to Justice, regulasi, dan lain-lain itu semua merupakan bagian-bagian yang di dinilai oleh Kementerian Hukum dan HAM," kata Yasonna, Senin (19/11).

Yasonna mengatakan, bahwa dirinya ingin agar seluruh kelurahan di wilayah Indonesia khususnya DKI Jakarta yang berjumlah 267 kelurahan, nantinya bisa menerapkan prinsip-prinsip sadar hukum.

Sebab, menurut Yasonna, dengan menerapkan kehidupan sehari-hari dengan sikap akan sadar hukum, hal itu bisa membawa pengaruh yang baik bagi kehidupan bangsa dan bernegara.

"Tidak mudah dalam praktik. Juga sehari-hari tidak mudah, tetapi kita tidak boleh membiarkan hal itu. Lihat mengapa kita mengajak anak-anak? sekarang ancaman-ancaman narkoba,tawuran, ini semua persoalan-persoalan di hadapi oleh anak-anak kita. Maka anak-anak harus dari sejak dini kita didik untuk menjadi anak-anak yang sadar hukum," kata Yasonna.

Kendati demikian, Yasonna, bersama dengan Pemprov DKI Jakarta ingin agar nantinya sikap akan sadar hukum tersebut bisa terimplementasikan dengan baik di kehidupan masyarakat DKI Jakarta.

"Kami berharap kalau seluruh Kelurahan bisa betul-betul melakukan prinsip-prinsip ketaatan hukum dan kemudian terimplementasi dalam kehidupan masyarakatnya. Mudah-mudahan secara bertahap negara kita akan ditingkatkan menjadi lebih baik. Kita akan terus berupaya," pungkas Yasonna.

Dalam kesempatan tersebut, Yasonna memberikan penghargaan kepada kecamatan, kelurahan dan sekolah sadar hukum.

"Kami merasa bersyukur bahwa ada 14 kecamatan dan 17 kelurahan serta 37 sekolah yang pada pagi hari ini mendapatkan penghargaan," kata Anies.

Sejak tahun 2010-2017, Kemenkumham tercatat sudah  memberikan penghargaan Anubhawa Sasana kepada 151 kelurahan sadar hukum di ibukota.

Ditambah dengan 17 kelurahan yang diresmikan sebagai kelurahan sadar hukum pada hari ini, maka sudah ada 168 kelurahan yang telah memperoleh predikat kelurahan sadar hukum dari 267 kelurahan.(dod/han)

Komentar Pembaca
Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 00:45:19