Kemenhub Tingkatkan Keselamatan Pelayaran Di Danau Toba 

Nusantara  JUM'AT, 23 NOVEMBER 2018 , 19:08:00 WIB

Kemenhub Tingkatkan Keselamatan Pelayaran Di Danau Toba 
RMOLJakarta.Sebagai tindak lanjut dari pengawasan dan pembenahan Pemerintah terhadap keselamatan pelayaran di Danau Toba, Kementerian Perhubungan c.q Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Keselamatan Angkutan Sungai dan Danau Bagi Petugas Pelabuhan dan Operator Kapal di Danau Toba.

"Kegiatan ini adalah salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan keselamatan di bidang Angkutan Sungai dan Danau (ASD) sekaligus membina dan melatih aparatur pemerintah yang ada di Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) maupun di Dinas Perhubungan," kata Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Audit dan Inspeksi Keselamatan Direktorat Pembinaan Keselamatan Ditjen Hubdat, Renhard Ronald, saat membuka acara Bimtek yang diadakan di Hotel Parapat View, Kabupaten Simalungun, Jumat (23/11).

Pemerintah, lanjutnya, terus meningkatkan kinerja keselamatan ASD. Salah salah satunya dengan pemberian Bimtek bagi petugas pelabuhan maupun operator kapal yang difokuskan pada tata cara peningkatan keselamatan pada ASD.

Kementerian Perhubungan ingin bimtek ini dapat memberikan pengetahuan yang relevan dalam pelaksanaan peningkatan keselamatan ASD, memberikan pemahaman tata cara dan teknis dalam peningkatan keselamatan ASD, serta melakukan praktik ke lapangan untuk meningkatkan keselamatan ASD," ungkap Renhard.

Materi yang disampaikan dalam Bimtek tersebut diantaranya adalah mengenai Kelaikan Kapal dan Tata Cara Penerbitan Surat Persetujuan Berlayar, Keamanan Perairan dan Penegakan Hukum di Perairan Danau Toba, Tata Cara Penanganan Tanggap Darurat dan Pemberian Pertolongan Pertama Bagi Korban Kecelakaan di Kapal dan Pelabuhan, Rampcheck dan Alat Keselamatan Kapal ASD dan mengenai Alat Komunikasi di Kapal ASD dan Pelabuhan, Serta Tata Cara Penggunaan Alat Komunikasi Pada Kapal ASD dan Pelabuhan.

Adapun narasumber yang diundang dalam acara tersebut yaitu Bertha F Situmorang, Kornelius Barus dari Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan, Nagari Siahaan dari Direktorat Kepolisian Air dan Udara Polda Sumut, Handika Aziz dari SAR Medan, dan Anang Suhartono dari Distrik Navigasi kelas I Belawan.

Dalam Bimtek ini hadir juga sebanyak 25 peserta dari perwakilan Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara, Dinas Perhubungan Kota/ Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara, serta Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah II Provinsi Sumatera Utara.(dod/zul)

Komentar Pembaca
Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

SENIN, 07 MEI 2018 , 19:00:00

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

SENIN, 07 MEI 2018 , 17:00:00

Rumah Nyaman Nelayan Senang

Rumah Nyaman Nelayan Senang

SENIN, 07 MEI 2018 , 15:00:00

Zohri Disopiri Jokowi

Zohri Disopiri Jokowi

KAMIS, 19 JULI 2018 , 00:13:00

Terburuk Dalam Sejarah

Terburuk Dalam Sejarah

JUM'AT, 03 AGUSTUS 2018 , 09:28:00

Hasil Tes Kesehatan Capres-Cawapres

Hasil Tes Kesehatan Capres-Cawapres

RABU, 15 AGUSTUS 2018 , 09:46:00