Kasus Habib Bahar Dibandingkan Dengan Remaja Penghina Jokowi

Hukum  KAMIS, 06 DESEMBER 2018 , 13:39:00 WIB

Kasus Habib Bahar Dibandingkan Dengan Remaja Penghina Jokowi

Habib Bahar bin Smith/Net

RMOLJakarta.Lawyer kenamaan, Mahendradatta menyoroti proses hukum terhadap Habib Bahar bin Smith yang begitu cepat dilakukan penyidik Bareskrim Polri.

Mahendradatta lantas membandingkan dengan banyaknya kasus yang menghina Presiden Joko Widodo (Jokowi) namun tak diproses aparat kepolisian.

"Sebelum bicara tentang Teori Hukum dalam kasus Habib Bahar, mari kita lihat praktik hukum kasus remaja yang menghina Jokowi, kasus Pimpinan Daerah yang mencaci Prabowo. Tentu masyarakat bisa menilainya sendiri," kata Mahendradatta melalui akun Twitternya, Kamis (6/12).

Beberapa bulan lalu sempat viral video remaja keturunan berusia 16 tahun berinisial RJ alias S  yang menghina, melontarkan ujaran kebencian bahkan ancaman pembunuhan terhadap Presiden Jokowi.

Selain itu, RJ juga menantang Jokowi untuk mencari dirinya dalam waktu 24 jam. Jika Presiden Jokowi tidak menemukan dia dalam waktu tempo tersebut, maka RJ sebagai pemenang.

Pada Rabu (23/5), RJ kemudian diamankan oleh aparat kepolisian. Namun, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan bahwa remaja tersebut mengaku tak benar-benar berniat menghina Presiden Jokowi.

"Jadi, yang bersangkutan hanya bercanda ya. Jadi, intinya dia hanya lucu-lucuan dengan teman-temannya untuk berlomba itu. Artinya bahwa dia ingin mengetes apakah polisi mampu menangkap," kata Argo.

Bukan cuma itu, ada Bupati Boyolali Seno Samodo yang dilaporkan ke Bareskrim Polri karena diduga telah melakukan umpatan atau menghina calon Presiden nomor 02, Prabowo Subianto.

Namun sayangnya hingga detik ini, Bareskrim Polri belum pernah memanggil sang bupati yang berasal dari PDI Perjuangan tersebut. (dod)

Komentar Pembaca
Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Cegah Banjir, 41 Drainase Vertikal Dibangun di Jaktim
PPSU Bersih-Bersih

PPSU Bersih-Bersih

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:42:00

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:29:00