3.000 Petugas Gabungan Kawal Laga Persija-Mitra Kukar

Olahraga  JUM'AT, 07 DESEMBER 2018 , 16:51:00 WIB

3.000 Petugas Gabungan Kawal Laga Persija-Mitra Kukar

Suporter Persija/Ist

RMOLJakarta.Puluhan ribu suporter diprediksi membanjiri laga pamungkas Persija Jakarta lawan Mitra Kukar bakal membanjiri Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta pada Minggu (9/12) lusa.

Mengantisipasi keamanan, Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, dibantu TNI bakal menurunkan 3.000 lebih personel gabungan. Polisi dan koordinator wilayah The Jakmania juga bakal bekerja sama menjaga situasi yang kondusif, tertib dan aman.

"Kita kerahkan 3.000 lebih personel gabungan, nanti akan amankan jalannya pertandingan," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, Jumat (7/12).

Dikatakan, polisi juga akan melakukan pengawalan dan pengamanan jalur tim Mitra Kukar dari tempat menginap menuju stadion, hingga kembali ke hotel pasca-pertandingan.

Argo menuturkan, polisi juga bakal berkoordinasi dengan koordinator wilayah (The Jakmania) agar tidak melakukan tindakan merazia suporter lain, serta menjaga keamanan, ketertiban, agar situasi kondusif.

"Kita komunikasi, dari Jakmania kan ada pengurusnya, ada korwil-korwilnya, nanti kita komunikasikan terus, sehingga nantinya sama-sama. Jadi pihak kepolisian dengan pihak Jakmania, pengurusnya sampai ke tingkat level bawah, kita sosialisasikan bahwa ini adalah pertandingan yang terakhir, jadi kita berharap terjaga kondusivitasnya," papar Argo.

Ia mengatakan, The Jakmania diharapkan dapat menjadi contoh dan tauladan buat suporter sepak bola Tanah Air.

"Contoh bagaimana memberikan support, motivasi kepada timnya dengan baik, tidak melakukan kegiatan yang dilarang misalnya membawa sajam (senjata tajam), merusak fasilitas umum. Misalnya menang jangan euforia berlebihan dan kalau kalah juga jangan melakukan kegiatan yang tidak diperbolehkan aturan. Kita harus lakukan kegiatan ini dengan sportivitas tinggi," pungkas Argo.

Sekadar diketahui, pertandingan ini merupakan laga penentu bagi Persija Jakarta untuk menyabet gelar juara di kasta tinggi kompetisi sepak bola Indonesia. Hanya unggul satu poin dengan PSM Makasar di puncak klasemen, Macan Kemayoran harus mengunci kemenangan agar tidak disodok di laga pamungkas.

Sebaliknya, Mitra Kukar diprediksi juga bakal bertarung habis untuk mendapatkan poin penuh agar tetap bertahan di Liga 1. Selama 33 pertandingan, Mitra Kukar hanya mengantongi 39 poin selisih dua poin dengan PSMS Medan yang berada di dasar klasemen dan memiliki poin sama dengan Sriwijaya FC, PS TNI dan Perseru Serui. Artinya, jika kalah, bisa membuat mereka terlempar ke Liga 2.(dod)

Komentar Pembaca
Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Cegah Banjir, 41 Drainase Vertikal Dibangun di Jaktim
PPSU Bersih-Bersih

PPSU Bersih-Bersih

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:42:00

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:29:00