Tingkatkan Kebersihan, 500 Germor Disebar ke Kelurahan se-Jakarta

Jakarta  SELASA, 11 DESEMBER 2018 , 17:36:00 WIB

Tingkatkan Kebersihan, 500 Germor Disebar ke Kelurahan se-Jakarta

Gerobak Motor/Ist

Sebanyak 500 gerobak motor (Germor) untuk pengangkutan sampah didistribusikan ke seluruh kelurahan di wilayah DKI Jakarta. Penyebaran gerobak motor dilakukan untuk meningkatkan kebersihan lingkungan di ibukota.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, persoalan persampahan tidak akan tuntas tanpa didukung sarana dan prasarana yang dapat menjangkau lingkungan hunian warga yang rata-rata hidup di perkampungan, seperti bantaran kali.

"Kalau di perkampungan tentu truk besar tak bisa masuk. Makanya dibutuhkan Germor," kata Hari di Jakarta, Selasa (11/12).

Hari mengatakan, pengadaan 500 Germor tahun anggaran 2018 merupakan tambahan dari tahun lalu. Penambahan unit ini berdasarkan kebutuhan dan permintaan warga agar pengangkutan sampah lingkungan tidak lagi menjadi kendala penumpukan sampah disetiap Rukun Warga (RW).

"Jadi 500 unit Germor ini nanti diserahkan kembali kepada kelurahan. Pihak kelurahan nantinya akan berkoordinasi dengan Kasatpel Kecamatan serta Sudin Lingkungan Hidup untuk penerapan germor ini," ujar Hari.

Terkait mekanisme perawatan Germor, kata Hari, masih menjadi tanggung jawab Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM).

Selain itu, soal pendataan aset, masih menunggu peraturan gubernur (Pergub) yang sedang digodok Dinas Lingkungan Hidup.

"Pergub nantinya akan mengatur masalah tanggung jawab oleh pihak kelurahan, karena menyangkut aset pemda. Supaya tidak lagi tumpang tindih dalam permasalahan perawatan. Sebab tahun 2019 nanti sudah semua menjadi kewenangan kelurahan, baik itu BBM dan keperluan lain Germor," pungkas Hari.(dod)

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09