Gandeng BKPM, Ditjen Hubdat Adakan Market Sounding Proving Ground BPLJSKB Bekasi

Nasional  RABU, 12 DESEMBER 2018 , 10:04:00 WIB

Gandeng BKPM, Ditjen Hubdat Adakan Market Sounding Proving Ground BPLJSKB Bekasi

Market Sounding Proving Ground BPLJSKB Bekasi/Ist

Kementerian Perhubungan c.q. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) menggelar Market Sounding Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dalam Proyek Pembangunan Proving Ground Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Bekasi yang diadakan di Ruang Nusantara, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Acara yang digelar pada Selasa (11/12) itu merupakan hasil kerjasama antara Ditjen Hubdat dengan BKPM.

Proyek kerjasama ini tidak lepas dari dorongan pemerintah untuk merealisasikan poin ke 7 Nawacita yaitu: Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Dengan Menggerakkan Sektor Strategis Ekonomi Domestik. Hal ini menjadi focal point Kementerian Perhubungan dalam memformulasikan kebijakan-kebijakan ketika dihadapkan dengan keterbatasan anggaran dalam menyediakan fasilitas dan infrastruktur yang diperlukan untuk pemenuhan standar pelayanan uji kendaraan,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat), Budi Setiyadi.

Proyek ini merupakan pembangunan proving ground dengan fasilitas pengujian kendaraan bermotor di luar ruangan yang dapat membuat simulasi sesuai dengan kondisi jalan yang sebenarnya. Total investasi yang dibutuhkan sebesar Rp 1,7 triliun dengan Internal Rate Return (IRR) sekitar 15%.

Ditjen Hubdat mengupayakan inovasi dalam hal pembiayaan infrastruktur, salah satunya dengan mengajak badan usaha sebagai mitra kerjasama untuk turut ikut mengambil bagian.

Dengan skema KPBU atau yang familiar disebut dengan Public Private Partnership (PPP) menjadi pilihan utama khususnya dalam mengeksekusi program-program percepatan pengembangan dan pembangunan fasilitas infrastruktur. Skema KPBU terbukti efektif dengan telah adanya 13 proyek yang mencapai penandatanganan perjanjian KPBU dan beberapa diantaranya telah financial close,” ujar Budi.

Lebih lanjut lagi, Dirjen Budi menambahkan bahwa ia mengharapkan BPLJSKB Bekasi untuk mempersiapkan fasilitas uji tipe bertaraf internasional agar dapat mengikuti regulasi dan teknologi otomotif yang terus berkembang.

Proving Ground BPLJSKB Bekasi merupakan salah satu dari lima pilot project yang dilakukan Kementerian Perhubungan untuk menerapkan skema KPBU. Pada masa mendatang diprediksi industri otomotif, populasi kendaraan bermotor, dan kemajuan teknologi akan berkembang lebih pesat,” tambah Budi.

"Saya yakin kerjasama ini dapat memberikan penawaran yang menarik tidak saja dilihat dari proyeksi profit yang diberikan namun juga terhadap perlindungan investasi yang disediakan oleh Pemerintah melalui Lembaga Penjaminan Infrastruktur” tegasnya.

Dalam acara Market Sounding ini dihadiri oleh 120 peserta yang berasal dari investor, kontraktor, perbankan, lembaga keuangan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN)/ Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), konsultan, maupun dari asosiasi terkait yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Acara ini dihadiri juga oleh Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal BKPM Ikmal Lukman, Direktur Prasarana Perhubungan Darat Chandra Irawan, Kepala Subdirektorat Kerjasama Pemerintah Swasta dan Rancang Bangun Kementerian PPN/ Bappenas Dadang Jusron, serta Deputi Direktur Pengembangan Bisnis PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia Tanti Hidayati.(dod/zul)

Komentar Pembaca
Heboh Pria Berpistol Di Jakarta Pusat

Heboh Pria Berpistol Di Jakarta Pusat

SABTU, 15 JUNI 2019 , 17:00:00

Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

PPSU Bersih-Bersih

PPSU Bersih-Bersih

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:42:00

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:29:00

20 NGO Hadiri Gathering di Rawamangun

20 NGO Hadiri Gathering di Rawamangun

SABTU, 25 MEI 2019 , 13:35:00