Kotak Suara Pemilu Kardus, Ustadz Zulkarnain: Lebih Bagus Kotak Kerupuk Warteg!

Politik  SABTU, 15 DESEMBER 2018 , 08:27:00 WIB

Kotak Suara Pemilu Kardus, Ustadz Zulkarnain: Lebih Bagus Kotak Kerupuk Warteg!

Kotak suara kardus/Ist

RMOLJakarta.Media sosial diramaikan oleh bahasan tentang kotak suara untuk Pemilu 2019. Bahan kotak suara yang terbuat dari 'kardus' tersebut memancing kekhawatiran netizen akan keamanan data di dalamnya. 

Bukan hanya soal keamanan, segi anggaran juga tak lepas dari tanda tanya netizen. Disebut-sebut bahan 'kardus' itu bisa menimbulkan adanya kecurangan. 

Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ustadz Tengku Zulkarnain melalui akun twitternya, Zulkarnain@tengkuzulkarnain.id pada Jumat (14/12) malam, juga mengkritik keras penggunaan kotak suara berbahan dasar kardus. Menurutnya, ini akan menjadi sejarah.

‏”Kepada @DPR dan @jokowi kami  bertanya.  Apakah kalian semua tidak malu, memakai kotak suara pemilu dari kardus? Masak lebih bagus kotak kerupuk di Warteg dari kotak suara pemilu? Sejarah akan mencatat ini sampai dunia kiamat…! Mohon Dijawab…” kata @ustadtengkuzul.

Dalam tweet yang lain yang tentu saja isinya kritik, Ustadz Zulkarnain mengusulkan agar penjara, pagar Istana, kursi tamu, kendaraan Presiden juga diganti bahan dasarnya ke bahan yang lebih murah.

"Saya usulkan kepada penguasa demi efisiensi jangan hanya kotak pemilu pakai kardus. Penjara diganti jerajak bambu, ekslusif, murah. Pagarnya juga bambu. Pagar Istana Presiden bambu. Kursi tamunya juga bambu. Kendaraan Presiden delman. Patwal pakai sepeda. Ferry diganti rakit. Sekalian!” tulis Ustadz Zulkarnain.

Ustadz Zulkarnain tak dapat membendung kekecewaannya terhadap penguasa.

Biasanya gembok-gembok dikardusi. Tapi kali ini akan ada kardus-kardus isi suara hasil pemilu yang digemboki… Oh bapak, oh ibu…, sampai juga anakmu hidup di zaman gila Ini… A’udzubillah…!” kata dia.

Sebelumnya, Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, kotak suara jenis ini bukan pertama kali dipakai. Ditegaskan bahwa 'kardus' yang dipakai merupakan bahan karton kedap air dan pernah dipakai pada pemilu lima tahun lalu. 

"Kita sudah pakai kotak pakai karton kedap air lima tahun lalu. Dulu sebagian, terakhir sudah semua setiap ada pemilu pakai itu," kata Arief Budiman di kantornya, Jumat (14/12). 

"Itu sudah digunakan sejak pemilu yang lalu kok, untuk digunakan sebagai logistik pemilu dia sudah memenuhi syarat," sambungnya.

Penggunaan bahan 'kardus' ini diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2018. Jenis 'kardus' dipilih, selain karena memenuhi syarat, lantaran harga yang lebih murah. 

"Menghemat biaya penyimpanan, menghemat biaya produksi, distribusi, banyak penghematannya," ucap Arief.(dod)

Komentar Pembaca
Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Cegah Banjir, 41 Drainase Vertikal Dibangun di Jaktim
PPSU Bersih-Bersih

PPSU Bersih-Bersih

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:42:00

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:29:00