Kotak Suara Kardus KPU, MS Kaban: KPU Irasional

Politik  MINGGU, 16 DESEMBER 2018 , 08:31:00 WIB

Kotak Suara Kardus KPU, MS Kaban: KPU Irasional

MS Kaban/Net

RMOLJakarta.Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengganti kotak dan bilik suara yang sebelumnya menggunakan aluminium dengan berbahan kardus. Sontak kebijakan KPU tersebut mengundang cibiran, guyonan dan kemarahan warganet.

"Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjamin kekuatan kotak suara dari kardus sama dengan alumunium. kok bisa yaa?” kata salah seorang warganet.

Sementara mantan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), MS Kaban justru mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk turun tangan menyelidiki rencana KPU yang menggunakan kotak suara kardus pada Pemilu 2019.

"KPK perlu usut pengadaan kotak suara kardus," tulis MS Kaban melalui akun Twitternya, Sabtu (15/12).

Mantan Menteri Kehutanan ini secara tegas menolak keinginan KPU yang menggunakan kotak suara kardus, karena bencana pemilu sudah di depan mata mengingat penyelenggara pemilu tak lagi masuk akal cara berpikirnya.

"Bencana suara pemilu di depan mata. KPU semakin irasional," tegasnya.

Sebelumnya, Ketua KPU, Arief Budiman mengklaim kotak suara berbahan karton kedap air sudah digunakan sejak Pemilu 2014. Bahkan, pada Pilkada Serentak yang digelar tiga kali yakni 2015, 2017 dan 2018 juga sudah memakai kotak suara berbahan karton kedap air tersebut.

"Dan kami sudah memikirkan, memutuskan menggunakan karton itu karena kita lihat negara lain juga memakai itu, harganya juga jauh lebih murah dibandingkan yang alumunium," kata Arief.

Bukan hanya itu, Arief menjelaskan alasan lain KPU di daerah belum memiliki gedung sendiri sehingga jika menggunakan kotak suara berbahan alumunium akan terbebani dengan anggara untuk menyewa gudang.

"Ini juga memikirkan internal KPU daerah yang harus nyewa gedung. Nah, dengan karton kedap air ini bisa habis pakai maka kita enggak perlu menyimpannya. Kalau pakai alumunium kita harus bayar orang merakit dan beli baut baru, kemudian pasang lagi," tandasnya.(dod)

Komentar Pembaca
Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Cegah Banjir, 41 Drainase Vertikal Dibangun di Jaktim
PPSU Bersih-Bersih

PPSU Bersih-Bersih

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:42:00

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:29:00