Sebelum 25 Januari, Seleksi Cawagub DKI Rampung

Politik  KAMIS, 10 JANUARI 2019 , 16:55:00 WIB

Sebelum 25 Januari, Seleksi Cawagub DKI Rampung

Ubedillah Badrun/Net

RMOLJakarta.Anggota Tim Seleksi Cawagub DKI Jakarta, Ubedilah Badrun mengaku optimistis sebelum 25 Januari 2019, pelaksanaan fit and proper test cawagub sudah rampung.

"Kalau perkiraan kami (fit and proper test) mungkin tidak sampai satu pekan. Karena kalaupun full time bekerja, kita hanya menyeleksi tiga orang, bukan puluhan orang," kata Ubedillah saat dihubungi, Kamis (10/1).

Menurut Pengamat Politik dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini, meski banyak penolakan dari fraksi lain di DPRD DKI, pihaknya tetap objektif menilai tiga cawagub yang diusulkan PKS.

"Partai Gerindra dan PKS sebagi sebuah partai yang sedang naik daun, saya kira mereka punya standar penting bagaimana seorang wagub yang layak dan PKS secara struktur partai dikenal partai yang isinya orang orang terdidik," ujar Ubedillah.

Ubedillah menuturkan, aspek yang sangat penting nantinya untuk diujikan masih dalam tahap kesepakatan dan harus dilihat dari beberapa keputusan panelis.

"Kita harus berbicara dengan tim untuk aspeknya. Saya punya konsep tapi belum tentu disetujui pakar yang lain jadi memang harus duduk bersama," pungkas Ubedillah.

Diketahui, setelah selama berbulan-bulan berpolemik, PKS dan Gerindra akhirnya sepakat pemilihan wakil gubernur DKI akan dibawa ke rapat paripurna DPRD DKI Jakarta pada Februari mendatang. Artinya, Gubernur DKI, Anies Baswedan tak menjomblo lagi.

Demikian disampaikan Ketua DPW PKS DKI Jakarta, Syakir Purnomo usai silaturahmi dengan perwakilan DPD Partai Gerindra DKI di kantor DPW PKS DKI Jalan Letjen R Soeprapto, Jakarta Pusat, Rabu (9/1).

Syakir mengatakan, sebelum digelar pemilihan wagub, ada beberapa tahapan yang harus dilewati. Diantaranya rapat koordinasi pelakaanaan fit and proper test pertama terhadap tiga kandidat yang diujukan PKS akan digelar pada Senin (14/1) di Hotel Aryadhuta, Jakarta Pusat, pukul 19.00 WIB.

Rapat itu menghadirkan Pakar Kebijakan Publik dari Universitas Indonesia (UI) Eko Prasojo dan Pengamat Politik dari Universitas Negeri Jakartra (UNJ) Ubedilah Badrun. Sementara Gerindra DKI mengajukan dua nama anggota tim fit and proper test, yakni peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro dan Wakil Ketua DPD Partai Gerindra DKI Syarif.

"Alhamdulillah PKS dan sahabat kami dari Partai Gerindra yang diwakil oleh Wakil Ketua DPD Partai Gerindra DKI pak Syarif dan Pak Ahmad Sulhy sudah menyepakati beberapa hal yang terkait jadwal rapat koordinasi dan pelaksanaan fit and proper test bagi tiga kandidat calon wagub DKI dari PKS yaitu Agung Yulianto, Ahmad Syaikhu dan Abdurrahman Suhaimi," kata Syakir.

Menurut Syakir,  rapat koordinasi empat pemateri ini untuk menyamakan mekanisme tentang konten uji kepatutan dan kelayakan wagub DKI .(dod/han)

Komentar Pembaca
Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

SENIN, 07 MEI 2018 , 19:00:00

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

SENIN, 07 MEI 2018 , 17:00:00

Rumah Nyaman Nelayan Senang

Rumah Nyaman Nelayan Senang

SENIN, 07 MEI 2018 , 15:00:00

Zohri Disopiri Jokowi

Zohri Disopiri Jokowi

KAMIS, 19 JULI 2018 , 00:13:00

Terburuk Dalam Sejarah

Terburuk Dalam Sejarah

JUM'AT, 03 AGUSTUS 2018 , 09:28:00

Hasil Tes Kesehatan Capres-Cawapres

Hasil Tes Kesehatan Capres-Cawapres

RABU, 15 AGUSTUS 2018 , 09:46:00