JK Harus Tahu, Biaya Pembangunan LRT Jakarta Termahal di Dunia

Jakarta  SABTU, 12 JANUARI 2019 , 14:32:00 WIB

JK Harus Tahu, Biaya Pembangunan LRT Jakarta Termahal di Dunia

Mohamad Taufik/Net

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyoroti pembangunan kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek). JK menilai pembangunan ini tidak efisien dan mahal karena biayanya mencapai Rp 500 miliar per kilometer (KM).

Pernyataan JK tersebut langsung direspon oleh Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohamad Taufik. Menurutnya JK akan lebih terkejut jika mengetahui kalau LRT Jakarta dengan rute Kelapa Gading-Rawamangun biayanya Rp 1,1 triliun per kilometer. Artinya lebih dari dua kali lipat harga LRT Jabodetabek.

Kami di DPRD sudah teriak-teriak dari awal bahwa proyek LRT kemahalan. Bahkan untuk LRT Jakarta dapat dikatakan sebagai proyek LRT termahal di dunia. Tapi kami senang karena Pak JK akhirnya menyadari betapa proyek LRT itu kemahalan,” kata Taufik, Sabtu (12/1).

Politisi Partai Gerindra ini mengaku sedang menyiapkan pembentukan pantia khusus (pansus) untuk mengawasi pembangunan kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) fase kedua. Karena pihaknya tidak mau kecolongan lagi seperti yang terjadi pada proyek LRT fase pertama.

Proyek fase pertama ini menelan dana Rp 1,1 triliun per kilometer dengan total rute sepanjang 5,8 kilometer atau total investasi sekitar Rp 5,8 triliun.

"Itu menurut saya pembangunan LRT fase pertama termahal sedunia itu. Bahkan, dunia akhirat," ujar Taufik.

Seperti diketahui, LRT dibangun oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dengan dua tahapan. Fase pertama dibangun sepanjang 5,8 kilometer dengan rute Velodrome-Kelapa Gading. Sedangkan, tahap kedua rangkaian LRT ini akan tertuju ke Tanah Abang. 

Dia mengingatkan agar pembangunan LRT fase kedua dapat melibatkan DPRD. Meski tidak terlibat secara teknis, namun DPRD perlu diberi tahu perkembangan terkait proyek LRT ini. DPRD juga akan ikut terlibat dalam kajian terkait skema pembiayaan, studi kelayakan, dan kredibilitas pihak pengembang.

Selain itu, DPRD harus dilibatkan terkait penentuan lokasi dan rute LRT. "Harus komunikasi dengan DPRD. Buktinya ini jadi, fase pertama Kelapa Gading-Velodrome. Itu tempat main saya 15 menit naik sepeda sampai," pungkas Taufik. (dod)

Komentar Pembaca
Heboh Pria Berpistol Di Jakarta Pusat

Heboh Pria Berpistol Di Jakarta Pusat

SABTU, 15 JUNI 2019 , 17:00:00

Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

PPSU Bersih-Bersih

PPSU Bersih-Bersih

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:42:00

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:29:00

20 NGO Hadiri Gathering di Rawamangun

20 NGO Hadiri Gathering di Rawamangun

SABTU, 25 MEI 2019 , 13:35:00