ERP Akan Diterapkan di Daerah Perbatasan

Jakarta  SENIN, 14 JANUARI 2019 , 20:57:00 WIB

ERP Akan Diterapkan di Daerah Perbatasan

Kawasan uji coba ERP/Net

Lelang proyek Electronic Road Pricing (ERP) alias jalan berbayar di DKI Jakarta tetap dijalankan meskipun tertunda. Namun berbeda dengan kawasan yang lain, ERP Ring 3 di kawasan perbatasan DKI dengan daerah penyangga akan tetap dijalankan

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ), Bambang Prihartono mengatakan, lelang ERP Ring 3 sudah pada tahap finalisasi masterplan.

Menurutnya, harus ada kebijakan baru selain mengoptimalkan ganjil genap.

"Kita sekarang finalisasi masterplannya dulu ya, tapi 2019 harus sudah mulai karena ganjil genap kan bertahannya cuma setahun, perlu ada kebijakan baru," kata Bambang, Minggu (13/1).

Ia juga menuturkan lelang ini berbeda dengan lelang yang diadakan oleh Pemprov DKI. Masterplan yang dimaksud adalah untuk menentukan ruas mana saja yang akan digunakan sistem.

"Terbuka dan berbeda dari lelang Pemprov. nanti kita lelangnya terpisah," ujar Bambang.

Menanggapi adanya peserta lelang yang mengundurkan diri  dalam proses lelang ERP, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengaku masih menunggu fatwa dari Kejaksaan.

"Ya karena kenapa kita minta kepada Kejaksaan? Karena justru supaya ada kepastian. Jangan sampai di kemudian hari kami yang nanti bermasalah," ujar Anies, Senin (14/1).(dod/han)

Komentar Pembaca