Ribuan Caleg DPRD DKI Sembunyikan Laporan Dana Kampanye

Politik  JUM'AT, 18 JANUARI 2019 , 13:15:00 WIB

Ribuan Caleg DPRD DKI Sembunyikan Laporan Dana Kampanye

Amir Hamzah/Ist

Ribuan caleg DPRD DKI Jakarta ternyata sebagian besar belum melaporkan dana kampanye. Kondisi demikian menuai sorotan publik. Betapa tidak, aktivitas kampanye yang belakangan ini gencar dilakukan para caleg tersebut, justru tidak diimbangi dengan transparansi dalam penggunaan dana kampanye. Terkesan disembunyikan. Bahkan, terdapat caleg yang nihil laporan dana kampanye.

Beragam aktivitas kampanye yang terlihat mata yakni, kegiatan blusukan dan pemasangan alat peraga kampanye (APK). Kegiatan ini tentunya menggunakan dana yang tidak sedikit.

Pengamat Kebijakan Publik dari Budgeting Metropolitan Watch (BMW), Amir Hamzah mengingatkan kepada KPU dan Bawaslu DKI Jakarta agar memberikan batas waktu kepada para caleg untuk melaporkan dana kampanye.

Harus kasih deadline, jangan dibiarkan seperti itu,” kata Amir, Jumat (18/1).

Menurut Amir, masyarakat juga ingin melihat ketegasan para penyelenggara pemilu terhadap kewajiban para caleg melaporkan dana kampanye.

"Misalnya, KPU dan Bawaslu DKI bisa menghentikan aktivitas kampanye para caleg dan mencopot seluruh alat peraganya jika belum melaporkan dana kampanye,” ujar Amir.

Sudah semestinya, sambung Amir, KPU dan Bawaslu DKI menggunakan wewenang secara pasti. Sebab kewajiban melaporkan dana kampanye caleg merupakan amanat undang-undang.

Baru jadi caleg saja sudah langgar undang-undang, bagaimana kalau sudah menjabat?” cetus Amir.

Kondisi tersebut harus menjadi perhatian masyarakat dan Bawaslu DKI Jakarta untuk memastikan integritas, kejujuran dan transparansi calon peserta pemilu terkait keuangan dana kampanye mereka.(dod)

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09