Jurnalis Pesantren Akan Gelar Deklarasi Pemilu Anti Hoaks

Ragam  JUM'AT, 18 JANUARI 2019 , 18:32:00 WIB

Jurnalis Pesantren Akan Gelar Deklarasi Pemilu Anti Hoaks
Maraknya informasi bohong alias hoaks menjelang Pemilu Serentak 2019 dinilai sudah sangat meresahkan. Untuk menangkalnya, Komunitas Jurnalis Pesantren bersama berbagai komponen masyarakat di Jakarta akan menggelar Deklarasi Pemilu Damai dan Anti Hoaks pada Selasa (22/1).

Selain deklarasi, juga akan diadakan diskusi literasi media dengan tema "Peran Literasi Media Dalam Melawan Hoaks dan Politisasi SARA Untuk Pemilu 2019 Yang Damai dan Bermartabat”. Kegiatan tersebut  diadakan di Kafe Kekini Ruang Bersama, Cikini, Jakarta Pusat.

Peran media saat ini sangat penting dalam pesta demokrasi sekarang. Tanpa media, sebuah negara yang mengklaim sebagai negara demokrasi sama juga bohong. Oleh karena itu untuk mensosialisasikan urgensi media terhadap Pemilu 2019 salah satunya lewat literasi media,” kata Ketua Pelaksana, Hafyz Marshal melalui keterangan elektroniknya, Jumat (18/1).

Menurutnya, dengan adanya literasi media diharapkan agar masyarakat dapat memilah berbagai informasi dan wacana yang coba digiring oleh kubu politisi, agar tidak menimbulkan dampak negatif di tengah masyarakat ke depannya.

Mantan wartawan sebuah media nasional, Mujib Rahman mengatakan, bahwa pentingnya acara ini, karena dapat mengedukasi masyarakat dengan sosialisasi. Diharapkan Pemilu 2019 berlangsung tanpa hoaks.

Literasi media merupakan sarana sensor mandiri masyarakat dalam memilih berita yang benar dan mana berita yang hoaks. Semoga literasi media digital dapat meminimalisir konten hoaks sehingga Pemilu 2019 nanti berlangsung dengan tertib, aman, damai, dan bermartabat,” ujar Mujib, salah satu pemateri diskusi tersebut.

Senada dengan Mujib Rahman, Iskandar Zulkarnaen selaku pemateri lainnya, menuturkan, bahwa literasi media pada tahun politik atau pesta demokrasi, dapat menjadi solusi bagi masyarakat.

Dengan segala kemudahan akses media saat ini, baik online dan media sosial yang belum tentu kebenarannya, literasi media sebagai garda terdepan melawan hoaks dan menangkal isu SARA demi terciptanya Pemilu 2019 yang damai dan demi mensukseskan pembangunan nasional,” ujar Iskandar yang juga selaku coo-founder portal menulis nasional.(dod)

Komentar Pembaca
PPSU Bersih-Bersih

PPSU Bersih-Bersih

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:42:00

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:29:00

20 NGO Hadiri Gathering di Rawamangun

20 NGO Hadiri Gathering di Rawamangun

SABTU, 25 MEI 2019 , 13:35:00