Hadapi Banjir, DKI Cuma Andalkan Pasukan Biru Siaga

Jakarta  JUM'AT, 01 FEBRUARI 2019 , 23:40:00 WIB

Hadapi Banjir, DKI Cuma Andalkan  Pasukan Biru Siaga

Banjir Jakarta/Net

Sepuluh hari ke depan, ibukota diprediksi diguyur hujan dengan intensitias tinggi.  Lantaran bakal diterjang hujan lebat, Jakarta dikahawatirkan akan mengalami banjir.

Kepala Dinas Tata Air (SDA) DKI Jakarta, Teguh Hendrawan mengatakan pihaknya sudah menyiapkan berbagai langkah untuk mengantisipasi bencana tahunan di Jakarta ini.

Salah satunya mengandalakan tenaga dari pekerja di Dinas Sumber Daya Air yakni Pasukan Biru untuk melakukan penanganan.

"Diwaspadai terhadap titik banjir dan genangan dengan mengerahkan Pasukan Biru dari setiap kecamatan," kata Teguh saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (1/2).

Teguh merinci setiap kecamatan akan diterjunkan sekitar 60 hingga 120 petugas Pasukan Biru. Dia memastikan saat ini semua anak buahnya tersebut sudah aktif memantau titik-titik yang rawan banjir seperti kawasan di sekitar proyek LRT dan MRT.

"Tetap memantau menjaga mengawasi dan langsung turun ke lokasi terdampak. Utamanya yang ada pembangunan LRT, MRT, ruas jalan tol dan tol Becakayu," ujar Teguh.

Selain itu, kata Teguh, pihaknya juga akan menyiapkan pompa air mobile di kawasan yang berpotensi banjir. Dia tak merinci jumlah pompa air yang diterjunkan pihaknya untuk menanggulangi bencana banjir yang sedang mengancam ibukota saat ini.

Meski hanya mengandalkan tenaga Pasukan Biru dan pompa air, namun Teguh percaya diri bila penanggulangan banjir tahun ini jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Yang pasti perlu digaris bawahi bahwa penanganan banjir genangan DKI jauh lebih baik dibanding tahun sebelumnya," pungkas Teguh.

Sebelumnya Pakar Iklim dan Cuaca Bidang dari ITB Armi Susandi memprediksi 10 pertama di bulan Februari 2019, akan terjadi hujan besar di ibukota.

Ia memperkirakan, fenomena itu akan berdampak datangnya genangan air atau banjir di beberapa wilayah Jakarta.(dod)

Komentar Pembaca
Bunga untuk Veronica Tan

Bunga untuk Veronica Tan

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 17:00:04

Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09