Terapkan Proyek Ramah Lingkungan

Sinar Mas Land Jadi Tuan Rumah Panel Diskusi MASKEEI

Ragam  SENIN, 11 FEBRUARI 2019 , 17:35:00 WIB | LAPORAN: LOPI KASIM

Sinar Mas Land Jadi Tuan Rumah Panel Diskusi MASKEEI
RMOLJakarta. Aspek lingkungan menjadi hal yang fundamental dalam pengerjaan proyek. Seperti yang dilakukan Sinar Mas Land dalam pembangunan green building di proyek commercial di kawasan BSD City, khususnya di area BSD Green Office Park.

Untuk itu, Sinar Mas Land menjadi tuan rumah acara Masyarakat Konservasi dan Efisiensi Energi Indonesia (MASKEEI) Panel Discussion, di Auditorium BSD Green Office Park 9.

Dalam pembangunannya, Sinar Mas Land menggunakan pendekatan "Passive Effort" untuk mengurangi beban panas dengan orientasi bangunan, facade skin yang melindungi kaca sekaligus elemen dekoratif, bangunan single corridor dengan wilayah pusat yang memiliki full cross ventilation, juga dilengkapi sensor cahaya untuk mengurangi beban energi pada pencahayaan. Khusus untuk pendekatan "Active efffort" diterapkan dengan memilih peralatan yang efisiensinya diatas standar SNI, baik AC, penerangan, fixture air dan menggunakan water recycling untuk mengurangi penggunaan air.

Head of Corporate Governance & Sustainability Sinar Mas Land, Ignesjz Kemalawarta mengatakan, di era 80-an, sumber daya masih melimpah dan pemanasan global belum menjadi fakta yang menakutkan.

"Namun kini dan untuk menatap masa depan tidak ada jalan lain selain menerapkan efisiensi energi dan air serta menerapkan low carbon development sekaligus memperhatikan penggunaaan material yang sesuai kaidah lingkungan dalam penataan sebuah Green Building," ujar Ignesjz melalui keterangan tertulis, Senin (11/2). 

Dikatakan, dengan penerapan efisiensi energi pihak pengelola gedung akan diuntungkan dengan berkurangnya biaya energi, yang juga yang akan menurunkan biaya operasional bangunan dan akan lebih tahan terhadap kenaikan biaya energi di masa datang.

Proyek BSD GOP 9 tersebut dikembangkan di dalam kawasan Green Office Park BSD City, mengacu pada konsep Green District sebagai usaha Sinar Mas Land untuk memenuhi komitmen dalam pelestarian lingkungan.

Hal ini berarti semua bangunan di kawasan akan dibangun dengan konsep low rise, memiliki Koefisien Dasar Bangunan (KDB) 25 persen-35 persen, serta memiliki fasilitas pengelolaan air dan sampah sesuai dengan standard dari Green District.

Dalam kawasan BSD GOP ini juga terdapat 9 gedung perkantoran dan The Breeze sebuah "Mall Without Wall" khusus Food and Beverages (F/B Mall) yang memiliki fitur " fitur Green, yakni Microclimate Optimization, Green Transport and Integrated Parking, sertaSustainable Management Practice.

Kawasan tersebut memiliki jalur sepeda dan jalur pejalan kaki yang terlindung di sepanjang jalan utama, fasilitas parkir sepeda dan shower room, shuttlebus yang khusus berada dalam distrik, serta lahan parkir yang terintegrasi dalam menjaga kawasan ini sebagai "Green District".(dod)

Komentar Pembaca
Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

SENIN, 07 MEI 2018 , 19:00:00

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

SENIN, 07 MEI 2018 , 17:00:00

Rumah Nyaman Nelayan Senang

Rumah Nyaman Nelayan Senang

SENIN, 07 MEI 2018 , 15:00:00

Zohri Disopiri Jokowi

Zohri Disopiri Jokowi

KAMIS, 19 JULI 2018 , 00:13:00

Terburuk Dalam Sejarah

Terburuk Dalam Sejarah

JUM'AT, 03 AGUSTUS 2018 , 09:28:00

Hasil Tes Kesehatan Capres-Cawapres

Hasil Tes Kesehatan Capres-Cawapres

RABU, 15 AGUSTUS 2018 , 09:46:00